PILIHAN FORUM PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIAH ANTARA PENGADILAN AGAMA DAN BADAN ARBITRASE SYARIAH NASIONAL: PREFERENSI MASYARAKAT DAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

IFA LATIFA FITRIANI, NIM. 1520310121 (2017) PILIHAN FORUM PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIAH ANTARA PENGADILAN AGAMA DAN BADAN ARBITRASE SYARIAH NASIONAL: PREFERENSI MASYARAKAT DAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PILIHAN FORUM PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIAH ANTARA PENGADILAN AGAMA DAN BADAN ARBITRASE SYARIAH NASIONAL: PREFERENSI MASYARAKAT DAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1520310121_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PILIHAN FORUM PENYELESAIAN SENGKETA EKONOMI SYARIAH ANTARA PENGADILAN AGAMA DAN BADAN ARBITRASE SYARIAH NASIONAL: PREFERENSI MASYARAKAT DAN LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
1520310121_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi dan keuangan syariah jelas berimplikasi pada kebutuhan hukum penyelesaian sengketa pada transaksi-transaksi berbasis syariah. Ketika beberapa negara masih dikritik karena menggunakan civil court sebagai yurisdiksi penyelesaian sengketa syariah, Indonesia justru telah lama mengakomodir penyelesaian sengketa ekonomi syariah di PA. Di samping PA, otoritas hukum agama lain yang telah ada di Indonesia bernama Basyarnas sebagai satu-satunya institusi t Islam. Setelah bertahun-tahun Basyarnas dibentuk seperti di DIY, keberadaan Basyarnas seakan tidak terlihat ekistensinya di tengah tarik-menarik legitimasi PA oleh Negara dan kontestasi pengadilan. Melihat kondisi tersebut, kajian ini diarahkan pada tiga pokok rumusan masalah. Pertama, melihat pengaturan negara atas penyelesaian sengketa ekonomi syariah dan pilihan forumnya di Indonesia, serta menguraikan ada tidanya kontestasi yang terjadi antar lembaga pilihan forum. Kedua, melihat realitas praktik penyelesaian sengketa ekonomi syariah di Basyarnas DIY dan PA DIY. Ketiga mengkaji respon masyarakat dan lembaga keuangan syariah atas adanya pilihan forum tersebut, serta melihat faktor penentu pilihan forum tersebut. Ketiga rumusan ini akan diarahkan dan dianalisis dalam konteks hukum sebagai suatu sistem hukum, di mana komponen substansi, struktur dan kultur hukum akan mempengaruhi bekerjanya hukum dan kepatuhan atas hukum tersebut, serta shopping forum-forum shopping dan access to justice sebagai teori yang digunakan untuk menganalisis pilihan forum di masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian hukum Islam dalam pranata hukum dan sosial, tidak lepas dari pendekatan hukum dan sosiologi hukum (empiris). Analisis yang digunakan didominasi dengan analisis kualitatif, di samping juga menggunakan pendekatan kuantitif sebatas melihat jumlah perkara ekonomi syariah di PA yang ada di DIY. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pengaturan Negara atas perkara ekonomi syariah di awal mulai kewenangan PA diberikan masih menunjukan adanya ketidakjelasan yurisdiksi. Kontestasi terjadi antar badan peradilan Negara yang akibat UU Perbankan Syariah, namun terselesaikan melalui putusan MK di tahun 2012. Dalam hal kontestasi PA dan LAPS, secara umum hal ini sebatas pada eksekusi putusan Basyarnas. Penyelesiaan sengketa ekonomi syariah di DIY masih didominasi oleh praktik di PA dibandingkan Basyarnas. Praktik ini terjadi secara umum bukan dikarenakan Basyarnas tidak dikenal, tetapi secara struktur hukum dan kultur dan sosial di masyarakt masih cenderung menganggap pilihan forum di PA memiliki efek jera yang lebih. Di samping melihat kondisi real Basyarnas yang eksistensinya pun dipertanyakan oleh LKS dan praktisi hukum yang kerap menangani perkara ekonomi syariah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, MA
Uncontrolled Keywords: Pilihan Forum, Pengadilan Agama, Basyarnas.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Jul 2017 13:48
Last Modified: 17 Jul 2017 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum