BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN

KHANIFATUR ROHMAH SSOSI, NIM. 1520311014 (2017) BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN)
1520311014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN DAN KONSELING KARIR UNTUK MENUMBUHKAN SEMANGAT KEWIRAUSAHAAN SISWA DI MA WATHONIYAH ISLAMIYAH KARANGDUWUR KEBUMEN)
1520311014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)

Abstract

KHANIFATUR ROHMAH. Bimbingan dan Konseling Karir untuk Menumbuhkan Semangat Kewirausahaan Siswa di MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Kebumen: Konsentrasi Bimbingan dan Konseling Islam, Program study Interdisciplinary Islamic Studies Fakultas Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2017. Kemandirian bagi seorang siswa merupakan hal yang sangat penting, karena dengan dilatihnya siswa untuk mandiri secara materi akan lebih bisa mempersiapkan siswa kedalam kehidupan yang lebih baik untuk kehidupan yang akan datang. Dari hasil survei, di MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Kebumen hampir 50% siswanya tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, padahal banyak sekali dari mereka yang memiliki kemampuan baik dari segi akademik maupun non akademik. Di zaman modern ini, kebanyakan siswa sudah menggunakan yang namanya gadget yang sudah bisa terakses ke internet, karena sebenarnya dari internetlah siswa bisa belajar berwirausaha tanpa modal yang praktis tanpa mengganggu jam sekolah mereka. Bimbingan karir adalah suatu proses untuk membantu pribadi untuk mengembangkan penerimaan kesatuan dan gambaran diri serta peranaanya dalam dunia kerja. Pelaksanaan Bimbingan Karir dilakukan melalui beberapa cara yaitu : ceramah dari narasumber, diskusi kelompok, karyawisata, pengajaran unit, sosiodrama dan hari karir. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Kebumen sebagai tempat penelitian, Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan terhadap bentuk dan proses layanan Bimbingan Karir di MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Kebumen kaitannya untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan siswa. Tesis ini untuk menjawab rumusan masalah bagaimana bentuk dan proses layanan bimbingan karir dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan bimbingan karir di MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Kebumen. Hasil penelitian dari layanan bimbingan karir untuk menumbuhkan semangat kewirausahaan siswa di MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Kebumen pada sesi pelatihan kewirausahaan menunjukan adanya perubahan semangat pada diri siswa untuk berwirausaha sebesar 82% dari jumlah siswa yang menjadi subyek, setelah dilakukan sesi diskusi terjadi perubahan adanya keinginan untuk melakukan sebesar 10% dari jumlah siswa, pada sesi praktek kewirausahaan terdapat 5% dari jumlah keseluruhan yang mampu memperoleh hasil dari action mereka. Dengan begitu dapat di simpulkan bahwa layanan yang diberikan pembimbing sangat memberi manfaat yang baik, hal itu dapat dilihat dari perubahan sudut pandang serta semangat siswa mengenai wirausaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamdan Daulay, M.A., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan karir, Faktor Pendukung dan Penghambat
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:29
Last Modified: 18 Jul 2017 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum