PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN (STUDI PENERAPAN PASAL 3 (2) UU NO.23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT) PADA IZI (INISIATIF ZAKAT INDONESIA)

SITI HABIBAH, SHI, NIM. 1520311040 (2017) PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN (STUDI PENERAPAN PASAL 3 (2) UU NO.23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT) PADA IZI (INISIATIF ZAKAT INDONESIA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN (STUDI PENERAPAN PASAL 3 (2) UU NO.23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT) PADA IZI (INISIATIF ZAKAT INDONESIA))
1520311040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN ZAKAT UNTUK PENANGGULANGAN KEMISKINAN (STUDI PENERAPAN PASAL 3 (2) UU NO.23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT) PADA IZI (INISIATIF ZAKAT INDONESIA))
1520311040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB)

Abstract

Salah satu tujuan pengelolaan zakat adalah untuk meningktakan efektifitas pelayanan pengelolaan zakat serta zakat untuk penanggulangan kemiskinan. Indonesia adalah negara berkembang sehingga masih banyak sekali permasalahan ekonomi yang hingga kini belum juga terselesaikan, salah satunya adalah masalah kemiskinan. Ada dua ukuran kemiskinan yang penulis gunakan sesuai dengan kondisi lapangan penelitian. Pertama, kemiskinan dilihat dari karaktaristik ekonomi. Kedua, Indeks Kemiskinan Multidimensi (IKM). Untuk mewujudkan cita-cita pasal 3 (2) UU NO.23 tahun 2011, ada sebuah lembaga zakat nasional yakni IZI (Inisiatif Zakat Indonesia) yang memiliki tekad kuat untuk membangun sistem pengelolaan zakat yang profesional dalam menjalankan program-program penanggulangan kemiskinan. IZI memiliki beberapa program dalam penanggulangan kemiskiunan yakni pemberdayaan ekonomi dan pemberdayaan kesehatan mustahiq zakat. dari latar belakang yang telah dipaparkan, terdapat tiga pokok masalah yakni bagaimana pengelolaan zakat produktif untuk penanggulangan kemiskinan di IZI, siapa mustahiq zakat untuk penanggulangan kemiskinan di IZI, dan bagaimana efektifitas hukum pengelolaan zakat untuk penangulangan kemiskinan di IZI. Jenis penulisan tesis ini adalah penelitian lapangan. Obyek dari penelitian ini adalah IZI (Inisiatif Zakat Indonesia), sifat penelitiannya adalah deskriptif analitis, pengumpulan data salah satunya dengan mengunakan metode wawancara yakni dengan menggali informasi dari kabid pendayagunaan dana zakat, fasilitator lapangan pemberdayaan masyarakat, berkunjung ke empat desa binaan IZI yakni di Gunung Kidul. Penyusun melakukan wawancara dengan para mustahiq zakat yang telah mendapatkan dan merasakan dampak adanya pengelolaan dana zakat. Pendekatan masalah dengan pendekatan sosiologi hukum dan analisis data mengunakan metode deduktif suatu proses analisis berangkat dari teori-teori sosiologis dan positif untuk melihat penyaluran zakat yang terdapat pada Undang-Undang No.23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat. IZI mengunakan beberapa langkah mencakup beberapa hal yakni Pertama, melakukan persiapan awal dari petugas IZI dan persiapan lapangan. Kedua, melakukan Assessment. Ketiga, tahap perencanaan alternatif dengan metode PRA (Participatory Rural Appraisal). Keempat, memberikan pelatihan organisasi kepada masyarakat serta melakukan pendampingan kepada masyarakat serta evaluasi untuk melihat perkembangan masyarakat. para mustahiq rata-rata pekerjaan mereka adalah seorang petani, peternak serta buruh. Para mustahiq memiliki pekerjaan tetapi pendapatanya tidak memenuhi kebutuhan yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup para mustahiq. Pengelolaan zakat di IZI untuk penanggulangan kemiskinan sudah sesuai dengan cita-cita pasal 3 (2) UU No.23 tahun 2011. Sejak program-program di atas diaplikasikan di masyarakat, kondisi masyarakat lebih baik dan mengalami peningkatan dari sebelumnya yakni dari segi ekonomi dan segi kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Hamim Ilyas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Inisiatif Zakat Indonesia
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:39
Last Modified: 18 Jul 2017 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26639

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum