REAKSI INVESTOR TERHADAP AUDIT DELAY STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2011-2015

M AZMI, SSY, NIM. 1520311043 (2017) REAKSI INVESTOR TERHADAP AUDIT DELAY STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2011-2015. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REAKSI INVESTOR TERHADAP AUDIT DELAY STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2011-2015)
1520311043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (REAKSI INVESTOR TERHADAP AUDIT DELAY STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2011-2015)
1520311043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pasar Modal yang menawarkan berbagai instrumen investasi keuangan, di samping instrumen-instrumen keuangan konvensional, saat ini juga sudah ditawarkan sejumlah instrumen keuangan pasar modal yang memenuhi ketentuan syariah (Islamic Financial Instruments). Ketepatan waktu sebagai karakteristik laporan keuangan yang paling utama, bagi pihak yang berkepentingan dengan kondisi keuangan perusahaan, semakin singkat jarak waktu antara akhir periode akuntansi dengan tanggal penyampaian laporan keuangan, maka semakin banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari laporan keuangan tersebut, laporan keuangan auditan yang di dalamnya memuat informasi laba yang dihasilkan sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan untuk membeli atau menjual kepemilikan yang dimiliki oleh investor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji reaksi pasar terhadap event pengumuman keterlambatan dalam menyampaikan laporan keuangan (audit delay) per 31 meret setiap tahunnya. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab apakah peristiwa tersebut memiliki nilai informasi bagi investor yang tercermin pada perubahan harga (abnormal return) dan volume perdagangan (trading volume activity) di pasar modal syari’ah. Penelitian ini melakukan pengamatan pada 11 hari periode pengamatan 5 hari sebelum, dan 5 hari sesudah. Sampel dipilih secara purposive sampling dengan kriteria-kriteria tertentu. Metode analisis yang digunakan yakni analisis uji t untuk mengetahui nilai signifikansi di hari-hari seputar peristiwa sebagai indikator penilaian terhadap kebermaknaan suatu informasi atas pengujian reaksi pasar. Hasil perbandingan t-hitung dengan t-tabel di hari-hari seputar peristiwa menunjukkan pengumuman keterlambatan laporan keuangan (audit delay) terdapat abnormal return yang signifikan dengan menggunakan indikator cumulative average abnormal return pada t-5, t-4, t-3, t-1, t0, t+1, t+2, t+3, t+4, dan t+5 sedangkan trading volume activity yang signifikan hampir seluruh waktu observasi hanya t+4 yang tidak signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa keterlambatan dalam menyampaikan laporan keuangan setiap tahunnya memiliki kandungan informasi yang buruk bagi investor yang berbasis syari’ah dapat dilihat dengan perubahan harga dan volume yang terjadi pada perusahaanperusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syari’ah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 1. Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si, Akt., CA 2. Dr. H. Slamet Haryono, M.Si., Akt
Uncontrolled Keywords: Pasar modal, hipotesis pasar efisien, kandungan informasi, abnormal return saham, aktivitas volume perdagangan saham
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:40
Last Modified: 18 Jul 2017 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum