ANALISIS KINERJA KUANGAN BANK SYARIAH BERDASARKAN INCOME STATEMENT APPROACH DAN SHARIAH VALUE ADDED APPROACH (REFORMULASI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2015)

ARIF ISNAN, SEI, NIM. 1520311045 (2017) ANALISIS KINERJA KUANGAN BANK SYARIAH BERDASARKAN INCOME STATEMENT APPROACH DAN SHARIAH VALUE ADDED APPROACH (REFORMULASI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2015). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KINERJA KUANGAN BANK SYARIAH BERDASARKAN INCOME STATEMENT APPROACH DAN SHARIAH VALUE ADDED APPROACH (REFORMULASI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2015))
1520311045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KINERJA KUANGAN BANK SYARIAH BERDASARKAN INCOME STATEMENT APPROACH DAN SHARIAH VALUE ADDED APPROACH (REFORMULASI PADA BANK UMUM SYARIAH PERIODE 2013-2015))
1520311045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB)

Abstract

Saat ini analisa kinerja keuangan bank syariah belum dapat dilakukan secara tepat. Praktik penilaian keuangan lembaga bisnis syariah pada umumnya hanya didasarkan pada neraca dan laporan laba rugi. Neraca dan laporan laba rugi yang digunakan yang masih mengadopsi filosofi, konsep serta teori konvensional. Hal tersebut dikarenakan keuangan bank syariah sebagaimana termuat dalam Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan Syariah (PSAK Syariah) No. 59 atau yang diperbaharui pada PSAK 101 hanya memuat sejumlah elemen laporan keuangan sebagaimana dalam laporan keuangan bank konvensional, meskipun laporan keuangan tersebut telah dilengkapi dengan beberapa laporan lainnya seperti laporan perubahan dana investasi terikat, laporan dana zakat, infaq, dan shodaqoh serta laporan qardul hasan (Laporan penggunaan dana kebajikan). Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada perbedaan kinerja keuangan bank syariah berdasarkan metode Income Statement Approach dan Shariah Value Added Approach pada Bank Umum Syariah periode 2013-2015. Variabel kinerja keuangan yang digunakan dalam penelitian ini berupa rasio ROA, ROE, NPM, BOPO, LABP, ROU dan CER. Metode analisis yang digunakan yakni metode analisi deskriptif untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara metode Income Statement Appoach dan Shariah Value Added Approach, serta menggunakan analisis independent sample t-test untuk menguji perbedaan setiap variabel masing-masing. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja keuangan bank syariah dengan menggunakan metode Income Statement Approach dan Shariah Value Added Approach tidak terdapat perbedaan yang signifikan, tetapi menunjukan rata-rata tingkat nilai rasio Bank Umum Syariah lebih besar menggunakan metode Shariah Value Added Approach dari pada Income Statement Approach.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 1. Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., Akt., CA 2. Dr. H. Slamet Haryono., M.Si., Akt
Uncontrolled Keywords: Laporan Keuangan, Kinerja Keuangan, Perbankan Syariah, Syariah Enterprise Theory (SET), Shariah Value Added Approach.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Jul 2017 13:42
Last Modified: 18 Jul 2017 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26643

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum