KONFLIK AIR ANTARA WARGA DAN HOTEL FAVE DI KAMPUNG MILIRAN KELURAHAN MUJA-MUJU KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

FAHMI HUDA, NIM. 12720035 (2017) KONFLIK AIR ANTARA WARGA DAN HOTEL FAVE DI KAMPUNG MILIRAN KELURAHAN MUJA-MUJU KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONFLIK AIR ANTARA WARGA DAN HOTEL FAVE DI KAMPUNG MILIRAN KELURAHAN MUJA-MUJU KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
12720035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONFLIK AIR ANTARA WARGA DAN HOTEL FAVE DI KAMPUNG MILIRAN KELURAHAN MUJA-MUJU KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
12720035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pertumbuhan pembangunan hotel di Yogyakarta sejak tahun 2009-2015 mengalami kemajuan yang pesat. Konflik ini terjadi akibat keringnya sumber air warga yang diduga disebabkan oleh pengeboran sumur hotel yang menyerap air tanah lebih banyak sedangkan AMDAL sebagai syarat telah diterbitkan dan bangunan hotel telah didirikan. Konflik air ini merupakan dampak dari ramainya pembangunan yang kurang terencana dengan baik dan pada khususnya di Yogyakarta telah menimbulkan fenomena yang kini dikenal sebagai “Jogja Asat”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses terjadinya konflik dan upaya penyelesaian konflik antara warga Miliran dan pihak Hotel Fave serta untuk mengetahui siapa saja pihak yang terlibat dalam konflik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis data kualitatif. Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara dengan pihak-pihak terkait, dan mempelajari dokumen yang berkaitan dengan objek penelitian. Pengumpulan data penelitian dilakukan di Kampung Miliran. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori pentahapan dan pemetaan konflik Simon fisher. Puncak konflik ini diwujudkan dengan aksi demonstrasi oleh warga dan aksi mandi pasir dilanjutkan dengan penyegelan pintu belakang hotel. Konflik tersebut diselesaikan dengan penutupan sumur dalam milik hotel Fave Kusumanegara. Pasca penutupan sumur, Hotel Fave memilih berlangganan dan menampung air PDAM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia dan setiap pembangunan pasti memberikan dampak positif dan negatif. Ketika pembangunan dilakukan pasti ada salah satu sisi yang dikorbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr.philahmad Norma permata S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: dampak pembangunan, konflik air, penyelesaian konflik
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 11:37
Last Modified: 31 Jul 2017 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26659

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum