PRAKTIK SOSIAL DO’A BERSAMA ANTARUMAT BERAGAMA DI DUSUN DLINGSENG KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO

BUDIARSIH, NIM. 13720039 (2017) PRAKTIK SOSIAL DO’A BERSAMA ANTARUMAT BERAGAMA DI DUSUN DLINGSENG KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK SOSIAL DO’A BERSAMA ANTARUMAT BERAGAMA DI DUSUN DLINGSENG KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO)
13720039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK SOSIAL DO’A BERSAMA ANTARUMAT BERAGAMA DI DUSUN DLINGSENG KECAMATAN KALIBAWANG KABUPATEN KULONPROGO)
13720039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Agama bisa menjadi alat pemersatu hubungan sosial antarwarga, namun juga tidak jarang perbedaan agama menjadi perusak suatu hubungan. Hubungan yang baik antar pemeluk agama yang berbeda dapat kita jumpai salah satunya dalam suatu tradisi. Di Dusun Dlingseng terdapat tradisi yang mempertemukan dua pemeluk agama yang berbeda. Tradisi tersebut adalah do’a bersama antarumat bergama dalam kematian. Do’a bersama antarumat beragama menghadirkan umat Islam dan umat Katholik secara bersama-sama, dalam satu waktu dan tempat untuk berdo’a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa warga penganut agama yang berbeda di Dusun Dlingseng melakukan do’a bersama pada saat kematian. Adapun metode yang digunakan yaitu kualitatif bersifat deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena sosial yang ada. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat Dusun Dlingseng melakukan do’a bersama antarumat beragama karena mereka mempunyai solidaritas yang didasari oleh ikatan kekeluargaan, generalis/homogenitas pekerjaan, dan persamaan teritorial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Antarumat Beragama, Solidaritas
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:43
Last Modified: 31 Jul 2017 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26664

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum