ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAS (PARTICIPATED, APPRECIATED AND SUPPORTED) UNTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI SEKOLAH ALAM KAMULAN YOGYAKARTA)

ATIK WARTINI, NIM. 1420430019 (2017) ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAS (PARTICIPATED, APPRECIATED AND SUPPORTED) UNTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI SEKOLAH ALAM KAMULAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAS (PARTICIPATED, APPRECIATED AND SUPPORTED) UNTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI SEKOLAH ALAM KAMULAN YOGYAKARTA))
1420430019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PAS (PARTICIPATED, APPRECIATED AND SUPPORTED) UNTUK PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI SEKOLAH ALAM KAMULAN YOGYAKARTA))
1420430019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya doktrin intoleran terhadap agama lain, yang dilakukan secara sadar atau tidak pada masa golden age dalam pendidikan anak usia dini, melalui metode ataupun model pembelajaran. Intoleran dapat memunculkan sensitifitas yang buruk pada keberagaman. Misalnya terhadap perbedaan agama, bahasa, suku / etnis, budaya, gender, usia, latar belakang, gaya belajar, perspektif dll. Oleh karena itu, perlu di analisis secara mendalam model pembelajaran yang mampu membangun sikap toleransi dan perkembangan anak lainnya, melalui analisis pengembangan Model pembelajaran PAS (Participated, appreciated and supported) untuk pendidikan multikultural pada pendidikan anak usia dini di Sekolah Alam Kamulan Yogyakarta. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan lebih dalam model pembelajaran PAS (participated, appreciated and supported) untuk pendidikan multikultural pada pendidikan anak usia dini di Sekolah Alam Kamulan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripsi dan jika dipandang dari karakteristiknya termasuk dalam penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Pendidik, Tim kurikulum dan anak. Objek penelitiannya adalah pengembangan model pembelajaran PAS untuk pendidikan multikultural pada PAUD Sekolah Alam Kamulan Yogyakarta. Metode pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi dan dokumetasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu pertama pendidikan multikultural pada Pendidikan Anak Usia Dini di Sekolah Alam Kamulan Yogyakarta adalah proses pembangunan sikap peduli dan mau mengerti serta pengakuan terhadap kelompok minoritas atas berbagai perbedaan, seperti perbedaan agama, bahasa, ras / etnik, pemikiran, gaya belajar, gender, budaya dan perbedaan-perbedaan lainnya. Melalui kesadaran toleransi, yaitu dengan interaksi secara langsung pada keberagaman. Kedua, model pembelajaran PAS (participated, appreciated, and supported), model pembelajaran partisipasi adalah model pembelajaran yang melibatkan anak secara penuh di dalam pembelajaran. Apresiasi adalah pembelajaran dimana anak diberikan penghargaan atau reward dalam berbagai bentuk mulai dari pujian dan souvenir dengan tujuan untuk memberikan rasa berharga pada diri anak dan memicu semangat untuk senantiasa mengeksplorasi dirinya. Support, adalah pendidik memberikan semangat dan dukungannya kepada anak dalam pembelajaran. Model pembelajaran PAS, merupakan model pembelajaran yang toleran dan ramah otak, sehingga mampu membantu tubuh anak untuk memproduksi hormon-hormon cinta pada diri anak. Ketiga, pengembangan model pembelajaran PAS merupakan suatu upaya menjadikan model pembelajaran ini menjadi lebih baik dan luas. Keempat, penerapan model pembelajaran PAS, yaitu melalui langkah-langkah sebagai berikut: (1) drop in, (2) lempuyang activity,(3) kegiatan awal, (4) kegiatan berbaris, (5) snaktime dan istirahat, (6) kegiatan Inti, (7) lunch, (8) pungkas aktivity. Kelima, keunggulan-keunggulan model pembelajaran PAS, antara lain yaitu : mampu membantu anak untuk mencapai tahapan perkembangannya, memberikan rasa berharga pada diri anak, dan membangun attitude anak. Kelemahan model pembelajaran PAS, akan muncul jika terdapat anak yang merasa tidak di perhatikan, dan kondisi emosional yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muqowim, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran PAS, Multikultural, PAUD
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Jul 2017 15:36
Last Modified: 18 Jul 2017 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum