SKRIPSI IDENTIFIKASI PERSEBARAN MANGAN MENGGUNAKAN METODE VLF (VERY LOW FREQUENCY) DI DESA KARANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO, DIY

WULAN LISTYORINI, NIM. 12620039 (2017) SKRIPSI IDENTIFIKASI PERSEBARAN MANGAN MENGGUNAKAN METODE VLF (VERY LOW FREQUENCY) DI DESA KARANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO, DIY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI IDENTIFIKASI PERSEBARAN MANGAN MENGGUNAKAN METODE VLF (VERY LOW FREQUENCY) DI DESA KARANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO, DIY)
12620039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI IDENTIFIKASI PERSEBARAN MANGAN MENGGUNAKAN METODE VLF (VERY LOW FREQUENCY) DI DESA KARANGSARI, KECAMATAN PENGASIH, KABUPATEN KULONPROGO, DIY)
12620039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian persebaran mangan telah dilakukan di Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulonprogo, DIY yang merupakan daerah bekas ekplorasi dan ekploitasi mangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai konduktivitas relatif, sebaran mangan, dan hasil uji XRD batuan sampel daerah penelitian. Metode yang digunakan adalah metode very low frequency mode tilt. Peralatan yang digunakan 2 set T-VLF BRGM (Sensor dan monitor) dan perangkat lunak yang digunakan dalam proses data adalah Ms. exel dan KHFILT. T-VLF IRIS ini beroperasi pada dua frekuensi yaitu pemancar di 19.800 Hz Australia dan 22.200 Hz Jepang. Jumlah lintasan pengukuran sebanyak 6 lintasan dengan spasi antar lintasan 75 m. Spasi titik pengukuran 15 m dan panjang lintasan 300 m. Parameter yang diperoleh di pengukuran VLF adalah tilt (%) dan eliptisitas (%). Data VLF diolah dengan membuat derivatif fraser dari data til. Hasil yang diperoleh adalah derivatif fraser dan kontur rapat arus ekuivalen. konduktivitas relatif daerah penelitian lintasan 1 (-10 hingga 10) mho/m, lintasan 2 (-40 hingga 30) mho/m, lintasan 3 (-20 hingga 20) mho/m, lintasan 4 (-30 hingga 10) mho/m, lintasan 5 (-40 hingga 30) mho/m dan lintasan 6 (-30 hingga 40) mho/m. Persebaran mangan berada pada konduktivitas tinggi kearah barat dan timur daerah penelitian dengan kedalaman hingga 45 m.Berdasarkan uji sampel batuan daerah penelitian menggunakanXRD daerah penelitian berpotensi mangan jenis rhodokrosit, pyrolusit and braunit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Faizal Zakaria, M.T
Uncontrolled Keywords: karangsari, konduktivitas, mangan, tilt mode, VLF, XRD
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Jul 2017 09:48
Last Modified: 21 Jul 2017 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26733

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum