PERUBAHAN-PERUBAHAN TEKNIK PENILAIAN DALAM PERMENDIKBUD SEJAK BERLAKUNYA KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMP NEGERI 1 GODEAN KELAS VII

KHOTIMAH, NIM. 13410147 (2017) PERUBAHAN-PERUBAHAN TEKNIK PENILAIAN DALAM PERMENDIKBUD SEJAK BERLAKUNYA KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMP NEGERI 1 GODEAN KELAS VII. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN-PERUBAHAN TEKNIK PENILAIAN DALAM PERMENDIKBUD SEJAK BERLAKUNYA KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMP NEGERI 1 GODEAN KELAS VII)
13410147_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN-PERUBAHAN TEKNIK PENILAIAN DALAM PERMENDIKBUD SEJAK BERLAKUNYA KURIKULUM 2013 DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN PAI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DI SMP NEGERI 1 GODEAN KELAS VII)
13410147_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah seiring berjalannya waktu teknik penilaian dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan selalu mengalami perubahan-perubahan sejak berlakunya kurikulum 2013. Dalam praktiknya seorang guru dituntut mampu mengimplementasikan teknik penilaian yang berlaku di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan baik dan benar. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana perubahan- perubahan teknik penilaian yang terjadi di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan baik aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan, serta bagaimana implementasinya dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Godean. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang implementasi teknik penilaian dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Godean kelas VII tahun pelajaran 2015/2016 terhadap Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait teknik penilaian yang digunakan di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Godean. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perubahan-perubahan teknik penilaian dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mengalami lima kali perubahan sejak berlakunya kurikulum 2013, teknik penilaian aspek pengetahuan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai. Penilaian sikap meliputi observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, pertanyaan langsung, laporan pribadi, observasi/pengamatan dan teknik penilaian yang relevan. Penilaian aspek keterampilan menggunakan praktik, proyek, produk, portofolio dan teknik lain yang sesuai kompetensi yang dinilai. (2) Implementasi dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Godean Tahun Pelajaran 2015/2016 kelas VII sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 53 Tahun 2015, dimana teknik penilaian aspek pengetahuan dengan menggunakan teknik penilaian tes lisan, tes tulis, pilihan ganda, uraian, dan penugasan. Sedangkan untuk aspek sikap spiritual teknik penilaiannya menggunakan penilaian diri, dan pengamatan. Penilaian aspek sikap sosial menggunakan penilaian antar teman dan pengamatan sedangkan untuk aspek keterampilan teknik penilaiannya menggunakan performance, praktik, dan portofolio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni M.Pd
Uncontrolled Keywords: Teknik, Aspek.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jul 2017 09:22
Last Modified: 24 Jul 2017 09:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26759

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum