PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 YOGYAKARTA

SITI FATIMAH, NIM. 13410157 (2017) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 YOGYAKARTA)
13410157_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 YOGYAKARTA)
13410157_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi salah satu mata pelajaran wajib baik a sekolah tigkat dasar, menengah, hingga perguruan tinggi, termasuk di SMA Negeri 4 Yogyakarta yamg merupakan salah satu sekolah favorit di kota Yogyakarta. di SMA Negeri 4 Yogyakarta terdapat kelas yang disediakan khusus untuk siswa yang berbakat dalam bidang olahraga atau disebut atlet. Siswa tersebut ditempatkan dalam satu kelas khusus yang disebut dengan Kelas Khusus Olahraga, namun dalam pelaksanaan muatan pembelajaran sama dengan pembelajaran pada siswa regular (non KKO). Namun, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses dan efektivitas dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan secara kritis tentang efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas khusus olahraga (KKO) kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menganalisis bagaimana efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas khusus olahraga (KKO) kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan analisis interaktif dengan cara mereduksi data, menyajikan data kemudian verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas khusus olahraga program kelas XI IPS 3 dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutupan pembelajaran. (2) Efektivitas proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas khusus olahraga kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 4 Yogyakarta dapat dilihat dari dua sisi, yaitu efektivitas dari segi proses pembelajaran dan efektivitas dari segi hasil belajar. Efektivitas dari segi proses dapat dikatakan tidak efektif dari kegiatan pengorganisasian, komunikasi, keluwesan dalam pendekatan pembelajaran, dan penguasaan dan antusiasme terhadap materi. Efektivitas dari segi hasil dikatakan tidak efektif karena sebagian besar siswa KKO belum mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Dapat disimpulkan bahwa “Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas Khusus Olahraga (KKO) Kelas XI di SMA Negeri 4 Yogyakarta tidak efektif ”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M A.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, SMA 4 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jul 2017 10:31
Last Modified: 24 Jul 2017 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26780

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum