NILAI-NILAI WAWASAN KEBANGSAAN DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016

VIKI NEILA RAHMA, NIM. 13410172 (2017) NILAI-NILAI WAWASAN KEBANGSAAN DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI WAWASAN KEBANGSAAN DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016)
13410172_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI WAWASAN KEBANGSAAN DALAM BUKU SISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SMP/MTS KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016)
13410172_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah dalam buku Pendidikan Agama Islam terdapat banyak nilai yang dapat diambil, misalnya nilai moral, nilai sosial, dan tak terkecuali nilai wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan merupakan suatu hal yang sangat penting. Wawasan kebangsaan merupakan salah satu sarana untuk menjaga toleransi, solidaritas, serta keseimbangan hak dan kewajiban, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun pada kenyataannya wawasan kebangsaan kurang memiliki ruang yang strategis untuk disosialisasikan. Sejatinya bahan ajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ini dapat digunakan sebagai salah satu media dalam meningkatkan wawasan kebangsaan. Penelitian ini merupakan penelitian library research (penelitian kepustakaan). Adapun dalam pengumpulan datanya mengunakan metode dokumentasi dengan mencari data yang relevan pada buku, artikel, dan berbagai peraturan perundang-undangan yang terkait dengan nilai wawasan kebangsaan. Sedangkan dalam analisis datanya menggunakan content analysis (analisis isi), yaitu dengan mengidentifikasi karakteristik tertentu pada pesan dari suatu teks secara sistematis dan objektif. Hasil penelitian terhadap Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 adalah: (1) Terdapat nilai wawasan kebangsaan dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yaitu: nilai Pancasila berupa nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan. Nilai dasar wawasan kebangsaan berupa nilai penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, nilai tekad bersama untuk berkehidupan kebangsaan yang bebas merdeka dan bersatu, nilai cinta akan tanah air dan bangsa, nilai demokrasi atau kedaulatan rakyat, nilai kesetiakawanan sosial, nilai masyarakat adil dan makmur. Serta asas kebangsaan berupa asas kepentingan bersama, asas keadilan, asas kesetiaan, asas kejujuran, asas solidaritas, dan asas kerja sama. (2) Secara keseluruhan nilai-nilai wawasan kebangsaan yang terdapat dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 sudah cukup jelas dan mudah dipahami, akan tetapi masih terdapat beberapa kekurangan, yaitu penggunaan kata tidak baku dan kurang dilengkapi dengan contoh yang relevan dengan keadaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA.
Uncontrolled Keywords: wawasan kebangsaan, buku siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Bulletin
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jul 2017 10:47
Last Modified: 24 Jul 2017 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26781

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum