PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING

MOHAMMAD SHOLIHUL WAFI, NIM. 12600039 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING)
12600039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING)
12600039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan Brain Based Learning dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa yang Memperoleh pembelajaran konvensional; serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh gabungan (interaksi) antara pembelajaran dan Kemampuan Awal Matematis (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu) dengan non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa SMP N 4 Tempel. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan siswa kelas VII C tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengumpulan data menggunakan skala disposisi (prescale dan postscale) serta menggunakan tes kemampuan literasi matematis (pretest dan posttest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial meliputi uji anova dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan Brain Based Learning lebih baik dibandingkan peningkatan kemampuan literasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pendekatan Brain Based Learning sama dengan peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; dan tidak ada interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap peningkatan kemampuan literasi dan disposisi matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendekatan Brain Based Learning, kemampuan literasi matematis,
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 09:50
Last Modified: 25 Jul 2017 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum