PELAKSANAAN PERLINDUNGAN JAMINAN KESELAMATAN BAGI NELAYAN MELALUI BANTUAN PREMI ASURANSI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

MUHAMMAD FARIZ FADLILLAH, NIM. 13340038 (2017) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN JAMINAN KESELAMATAN BAGI NELAYAN MELALUI BANTUAN PREMI ASURANSI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN JAMINAN KESELAMATAN BAGI NELAYAN MELALUI BANTUAN PREMI ASURANSI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
13340038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN JAMINAN KESELAMATAN BAGI NELAYAN MELALUI BANTUAN PREMI ASURANSI DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
13340038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pekerjaan sebagai seorang nelayan sudah selayaknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah. Hal ini berdasarkan pada konsep negara kesejahteraan (welfare state) yang dicanangkan pemerintah kepada seluruh elemen masyarakat. Dengan demikian, pemerintah wajib memberikan perlindungan kepada warganya secara adil dan merata. Salah satu upaya pemerintah dalam memperhatikan kesejahteraan nelayan adalah dengan melaksanakan program Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan yang diperuntukkan bagi seluruh nelayan yang ada di Indonesia. Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan program perlindungan jaminan keselamatan bagi nelayan yang berbentuk Bantuan Premi Asuransi di Kabupaten Gunungkidul Tahun Anggaran 2016. Meskipun pada prakteknya pelaksanaan Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan ini berjalan dengan lancar, namun masih terdapat kekurangan-kekurangan sehingga banyak nelayan di Kabupaten Gunungkidul belum mendapatkan bantuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di kantor DKP Kabupaten Gunungkidul dan Perusahaan Asuransi Jasa Indonesia cabang Yogyakarta. Pendekatan yang dilakukan penulis dalam penelitian ini adalah yuridis empiris, yaitu dititikberatkan pada Peraturan Perundang-undangan yang berlaku dan praktek yang terjadi di lapangan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pelaksanaan Program Bantuan Premi Asuransi bagi Nelayan di Kabupaten Gunungkidul telah sesuai dengan ketentuan Undang-undang Tentang Kenelayanan, Undang-undang Tentang Perasuransian dan sesuai dengan Juknis pelaksanaan yang dikeluarkan oleh Satker Direktorat Kenelayanan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagaimana yang tertuang pada Polis Induk PT Asuransi Jasa Indonesia No.110.793.110.16.90001/000/000. Sedangkan sebab utama masih banyak nelayan yang belum mendapatkan bantuan premi tersebut karena keterbatasan sumber daya manusia di lingkungan DKP Kabupaten Gunungkidul dan perusahaan Asuransi Jasa Indonesia serta kesadaran nelayan untuk melaksanakan program tersebut masih sangat kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FAISAL LUQMAN HAKIM, SH., M.Hum Dr. MOCHAMAD SODIK, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: risiko, nelayan, bantuan premi asuransi, negara sejahtera
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 25 Jul 2017 13:56
Last Modified: 25 Jul 2017 13:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26832

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum