PERGESERAN PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (Studi Kasus Keluarga Tenaga Kerja Wanita di Dusun Temukerep, Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes)

ENOK ATIKOH, NIM.12540031 (2017) PERGESERAN PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (Studi Kasus Keluarga Tenaga Kerja Wanita di Dusun Temukerep, Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERGESERAN PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (Studi Kasus Keluarga Tenaga Kerja Wanita di Dusun Temukerep, Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes))
12540031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERGESERAN PERAN ISTRI SEBAGAI PENCARI NAFKAH UTAMA DALAM KELUARGA (Studi Kasus Keluarga Tenaga Kerja Wanita di Dusun Temukerep, Desa Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Brebes))
12540031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat tentang fenomena akan kekosongan peran istri dalam keluarga TKW. Fakta bahwa fenomena kasus TKW banyak ditemui khususnya Indonesia dan sering menimbulkan konflik dalam lingkup sosial, psikologis, ekonomi bahkan yang lain. Penelitian yang dilakukan kali ini lebih memfokuskan pada paradigma sosial dan agama, menggunakan teori peran gender dan selanjutnya akan menganalisa dampak-dampak negatif dan positif yang timbul akibat adanya fenomena TKW khususnya dalam ruang lingkup keluarga dan lingkunganya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pergeseran peran antara suami dan istri dalam keluarga TKW, dan peran apa saja yang mengalami penganggengan peran gender tradisional dan peran gender moderen yang mengalami perubahan setelah menjadi TKW, selanjutnya dampak yang akan timbul bagi keluarga, terhadap anak, serta terhadap suami. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi partisipasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori peran gender, kualitatif yang bersifat desktiptif analisis yang menggambarkan fakta-fakta yang terjadi nantinya bisa mendapatkan sebuah kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akibat pergeseran peran antara suami dan istri yang terjadi dalam kelurga TKW, menunjukan kesadaran kolektif untuk menghadapi ketidak seimbangan tersebut. Artinya ruang kosong yang ditinggalkan istri yang menjadi TKW adalah menjadi tanggung jawab bersama anatara suami, orang tua, atau kerabat yang lain. Dengan tugas sebagi pengatur rumah tangga, dari molai urusan domestik hingga tanggung jawab mendidik anak-anak mereka, sehingga hal ini menumbulkan pergeseran peran secara alamiah antara suami dan istri dalam keluarga TKW, pergeseran peran gender moderen yang mengalami perubahan dan pelanggengan peran gender tradisional peran-peran yang masih dilakukan setelah menjadi TKW

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Moh. Soehada, S. Sos.M.Hum
Uncontrolled Keywords: wanita, muslimah, nafkah
Subjects: WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Aug 2017 13:44
Last Modified: 03 Aug 2017 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26842

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum