UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAILKEM) DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’INMAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017

KIFTI KAIFA TAMALA, NIM. 13430043 (2017) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAILKEM) DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’INMAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAILKEM) DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’INMAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13430043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR ANAK TK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, INOVATIF, LINGKUNGAN, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN (PAILKEM) DI TK IT SALSABILA AL-MUTHI’INMAGUWO BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016-2017)
13430043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

KIFTI KAIFA TAMALA, "Upaya Meningkatkan Minat Belajar Anak TK melalui Strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan di TK IT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Menyadari pentingnyamemperhatikan minat belajar anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dibutuhkan stimulus yang tepat. Tentunya dengan cara yang sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dan perlu diketahui bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi minat belajar anak adalah bagaimana seorang guru atau orang tua mampu mengemas kegiatan pembelajaran yang dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi anak dalam kegiatan pembelajaran tersebut. Dalam penyampaian kegiatan pembelajaran di TK IT Salsabila Al-Muthi’in masih kurang optimal. Penyampaian guru yang masih monoton menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan media yang menarik sehingga anak kurang berminat dan cepat bosan karena anak hanya mendengarkan dan menirukan guru. Maka dari itu, perlu diadakan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar anak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan(PAILKEM). Penelitian ini mengambil latar di TK IT Salsabila Al-Muthi’in Maguwo Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun urutan pelaksanaan penelitian ini mencakup: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat belajar anak kelas A1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in hanya sebesar 36,67%dengan minimal kategori tinggi (kategori tinggi dan sangat tinggi) dalam mengikuti kegiatan pembelajaran masih tergolong cukup atau belum optimal. (2) Penerapan strategi Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAILKEM) terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak kelas A1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in. Pelaksanaan Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAILKEM) berhasil meningkat dari kategori rendah pada siklus I menjadi kategori tinggi pada siklus II. (3) Setelah diterapkannya Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAILKEM), terjadi peningkatan minat belajar dengan minimal kategori tinggi pada siklus Isebesar 76,67% (kategori tinggi dan sangat tinggi) dan meningkat pada siklus II menjadi sebesar 90,00% (kategori tinggi dan sangat tinggi).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ichsan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Strategi PAILKEM
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Jul 2017 08:58
Last Modified: 28 Jul 2017 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26877

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum