PESAN MORAL DALAM NOVEL “SANTRI CENGKIR” KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

LAILATUL MUNAWAROH, NIM. 12410250 (2017) PESAN MORAL DALAM NOVEL “SANTRI CENGKIR” KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN MORAL DALAM NOVEL “SANTRI CENGKIR” KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410250_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PESAN MORAL DALAM NOVEL “SANTRI CENGKIR” KARYA ABIDAH EL KHALIEQY DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKHLAK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
12410250_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Lailatul Munawaroh. Pesan Moral dalam Novel Santri Cengkir Karya Abidah El Khalieqy dan Relevansinya dengan Materi Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi antara pesan moral yang terdapat dalam Novel Santri Cengkir Karya Abidah EL Khalieqy dengan materi akhlak dalam Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) karena teknik pengumpulan datanya didasarkan pada teks-teks pustaka. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik, yang memandang karya sastra dalam ungkapan arti bahasa secara luas, serta penafsiran berdasarkan unsur-unsurnya secara keseluruhan. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Santri Cengkir karya Abidah El Khalieqy dengan menggunakan content analysis, sebagai metode analisis datanya,yaitu ivestigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap isi pesan suatu komunikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam pesan moral yang terkandung dalam novel Santri Cengkir yang terklasifikasi dalam moral kepada Tuhan, moral individu, moral kepada keluarga, dan moral kolektif atau moral kepada masyarakat, memiliki relevansi dengan materi akhlak dalam Pendidikan Agama Islam yang memiliki ruang lingkup akhlak terhadap diri sendiri, akhlak dalam keluarga, akhlak dalam masyarakat, dan akhlak terhadap agama karena keduanya memiliki konteks yang sama dan saling berkaitan. Perbedaan terletak pada dimensi moral yang memiliki spesifikasi moral kepada alam sedangkan dalam ruang lingkup akhlak tidak tercantum. Dan ruang lingkup akhlak yang memiliki spesifikasi akhlak bernegara, sedangkan dalam dimensi moral tidak tercakup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pesan, Relevansi, Moral, Akhlak, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Jul 2017 13:39
Last Modified: 26 Jul 2017 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum