STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL

HARIMAH ADILLAH, NIM. 13410068 (2017) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL)
13410068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL)
13410068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan masalah penting dalam pembelajaran yang perlu mendapat perhatian khusus, terlebih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang memiliki materi banyak sehingga siswa sulit untuk memahami materi tersebut dan tidak jarang diantara peserta didik yang merasa bosan saat belajar sehingga motivasi belajar SKI siswa menurun. Dalam memotivasi belajar siswa, guru SKI menggunakan strategi pembelajaran yang menarik sehingga dapat memotivasi belajar siswa kelas X MAN 4 Bantul. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok masalah tentang Bagaimana Implementasi strategi pembelajaran guru SKI dalam memotivasi belajar siswa dan Apa saja kelebihan dan kekurangan dari strategi pembelajaran guru SKI dalam memotivasi belajar siswa kelas X MAN 4 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN 4 Bantul. Subyek dari penelitian ini yaitu Kepala Madrasah, Guru SKI dan siswa kelas X MAN 4 Bantul dan objek penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Guru SKI. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan dokumentasi, observasi nonpartisipan, dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data maka peneliti melakukan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang terkumpul kemudian diolah dengan diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan: (1) Pelaksanaan strategi pembelajaran guru SKI dalam memotivasi belajar siswa menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi yaitu strategi jigsaw, strategi team quiz, strategi information search, strategi group to group presentation, dan strategi giving question and getting answer. Dalam pelaksanaannya siswa melaksanakan kegiatan diskusi, mencari informasi, presentasi dan tanya jawab. Strategi tersebut dapat memotivasi belajar siswa, sebagaimana indikator cara pemelihara dan peningkatan motivasi belajar anak didik menurut De Dece dan Grawford yaitu guru harus dapat menggairahkan siswa, memberikan harapan yang realistis, memberikan insentif, dan mengarahkan perilaku siswa. (2) Pada setiap strategi pembelajaran memilki kelebihan dan kekurangan dalam pelaksanaannya. Kelebihan dari strategi tersebut secara garis besar yaitu menciptakan pembelajaran aktif dan memotivasi belajar SKI siswa. Kekurangan yang timbul karena siswa masih belum terbiasa melaksanakan pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa sehingga terkadang siswa masih kesulitan untuk mengikutinya, maka dari itu siswa membutuhkan pendampingan dan arahan yang jelas dari guru SKI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Munajat, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Strategi Pembelajaran, SKI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:49
Last Modified: 31 Jul 2017 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26916

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum