IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL

ABDUL WAHAB KHASBULLAH, NIM. 13410072 (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL)
13410072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 BANTUL)
13410072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah tidak ada standarisasi program tahfidz bagi peserta didik dan kurangnya efisien waktu manajemen kesiswaan dalam program tahfidzul qur‟an di madrasah. Program tahfidzul qur‟an termasuk dalam pelajaran muatan lokal dengan alokasi waktu dua jam pelajaran setiap minggu, selain itu program tahfidz merupakan salah satu syarat kelulusan madrasah. Tujuan program tahfidzul qur‟an yaitu menjadikan lulusan madrasah yang berkualitas dan siap terjun di masyarakat. Hasil yang dilihat dari program tahfidzul qur‟an di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul adalah peserta didiknya bebeda dengan peserta didik dari madrasah yang lain terutama pada akhlaknya, karena kebanyakan peserta didiknya adalah santri. Yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan manajemen kesiswaan dalam program tahfidzul qur‟an, apa kendala dan solusi dari madrasah dalam manajemen kesiswaan dalam program tahfidzul qur‟an. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam program tahfidzul qur‟an di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul. Subjek penelitian adalah waka kurikulum dan guru pembimbing program tahfidz dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Pengorganisaian keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber yang meliputi waka kurikulum, pembimbing tahfidz dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pelaksanaan perencanaan manajemen kesiswaan dalam program tahfidzul qur‟an yaitu merekrut guru pembimbing dan menyeleksi peserta didik yang sudah pantas mengikuti program tahfidz. Bagi peserta didik yang belum lancar membaca al-Qur‟an harus mengikuti bimbingan terlebih dahulu. Menyusun target sebagai tolak ukur pelaksanaan program tahfiidz. Pengorganisasian pelaksanaan program tahfidzul qur‟an juz 30 di Madrasah Aliyah Negeri 4 Bantul diikuti oleh 392 peserta didik dengan satu guru pembimbing. Beberapa hal yang berpengaruh dalam program tahfidzul qur‟an adalah lingkungan sekitar, metode yang digunakan dan faktor penunjang. Pengawasan program tahfidzul qur‟an dilaksanakan secara lisan maupun tertulis. (2) Kendala program tahfidz diantaranya kurangnya alokasi waktu, beberapa peserta didik belum bisa membaca al-Qur‟an dengan lancar dan lingkungan peserta didik yang kurang mendukung. (3) Solusi program tahfidz diantaranya menambah guru pembimbing, peserta didik diserahkan kepada guru pembimbing khusus dan menyadarkan pentingnya menghafal Al-Qur‟an sebagai syarat kelulusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Kesiswaan, Tahfidzul Qur’an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:53
Last Modified: 31 Jul 2017 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum