PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI NILAI PROGRAM TAḤFĪẒ DI BOARDING SCHOOL MAN GODEAN YOGYAKARTA

ULFA QOMARIYAH, NIM. 13410080 (2017) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI NILAI PROGRAM TAḤFĪẒ DI BOARDING SCHOOL MAN GODEAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI NILAI PROGRAM TAḤFĪẒ DI BOARDING SCHOOL MAN GODEAN YOGYAKARTA)
13410080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI INTERNALISASI NILAI PROGRAM TAḤFĪẒ DI BOARDING SCHOOL MAN GODEAN YOGYAKARTA)
13410080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembentukan karakter religius di madrasah memiliki porsi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan di sekolah umum. Apalagi saat ini banyak madrasah yang memiliki Boarding School. Hal ini harusnya diimbangi lebih matangnya karakter religius peserta didik. Meskipun demikian, seringkali perkembangan peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama yang mereka terima belum sepenuhnya memuaskan. Di Boarding School MAN Godean, guru program taḥfīẓ menanamkan nilai dalam program taḥfīẓ yang dapat menunjang pembentukan karakter religius siswa. Hasil yang dilihat dari program taḥfīẓ Boarding School MAN Godean Yogyakarta adalah peserta didiknya secara umum memiliki perilaku yang lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengikuti program taḥfīẓ di Boarding School. Yang menjadi permasalahan dari penelitian ini adalah kegiatan apa saja yang ada dalam program taḥfīẓ , strategi apa yang digunakan guru dalam menanamkan nilai, serta bagaimana penerapan karakter religius siswa setelah melalui internalisasi nilai dalam program taḥfīẓ . Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pembentukan karakter religius siswa melalui internalisasi nilai program taḥfīẓ di Boarding School MAN Godean Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Godean Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Program taḥfīẓ terdiri dari beberapa kegiatan, yakni kegiatan setoran hafalan mandiri, kegiatan muroja’ah, kegiatan setoran bacaan Al-Qur’an secara bin nadzar, kajian ilmu tajwid, dan kegiatan sima’an setiap hari Ahad Pon; (2) Tidak semua nilai dalam lima dimensi karakter religius dapat ditanamkan melalui program taḥfīẓ . Ada empat strategi yang digunakan guru pengampu program taḥfīẓ untuk menanamkan beberapa nilai dalam lima dimensi karakter religius, strategi tersebut adalah: strategi tradisional, strategi bebas, strategi reflektif, dan strategi transinternal; (3) Internalisasi nilai dalam program taḥfīẓ dapat membentuk karakter religius siswa. Adapun beberapa nilai yang telah diterapkan siswa yakni: keyakinan kepada Allah dan Kitab Allah, penggunaan ayat suci Al-Qur’an ke dalam bacaan sholat, rutinitas membaca ayat Al-Qur’an sebagai bentuk ketaatan, perasaan tergetar hati dan munculnya perasaan dekat kepada Allah saat membaca Al-Qur’an, pengetahuan tentang ilmu tajwid sebagai bekal pengetahuan tentang Al-Qur’an, dan adab sopan santun terhadap Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M. Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pembentukan karakter, internalisasi nilai, program taḥfīẓ .
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:53
Last Modified: 31 Jul 2017 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum