INOVASI GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS X DI SMA N 8 YOGYAKARTA

MOCHAMAD SUBKHAN FAUZI, NIM. 13410109 (2017) INOVASI GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS X DI SMA N 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INOVASI GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS X DI SMA N 8 YOGYAKARTA)
13410109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (INOVASI GURU PAI DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK KELAS X DI SMA N 8 YOGYAKARTA)
13410109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah guru yang merasa penilaian autentik terlalu rumit dan perlu banyak waktu untuk menyusun instrumen penilaian. Selain itu perlu inovasi di dalam implementasinya karena penilaian autentik terintegrasi di dalam pembelajaran. Yang menjadi rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana inovasi guru PAI dalam implementasi penilaian autentik dan apa faktor pendukung dan penghambat inovasi guru PAI dalam implementasi penilaian autentik kelas X di SMA N 8 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan menganalisis secara deskriptif tentang inovasi guru PAI dalam implementasi penilaian autentik serta apa faktor pendukung dan penghambat inovasi guru PAI dalam implementasi penilaian autentik kelas X di SMA N 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA N 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Inovasi Guru PAI dalam implementasi penilaian autentik kelas X di SMA N 8 Yogyakarta dilakukan dengan pemanfaatan website: www.kiprahguru.com melalui beberapa bentuk inovasi meliputi (a) Aspek sikap, website dimanfaatkan sebagai penyedia instrumen penilaian dalam bentuk kuisioner online yang digunakan untuk penilaian dengan teknik penilaian antar teman. (b) Aspek Pengetahuan, website dimanfaatkan sebagai media informasi materi yang digunakan untuk penilaian dengan teknik tes lisan. (c) Aspek Ketrampilan, website dimanfaatkan sebagai media pelaporan nilai yang digunakan untuk penilaian dengan teknik tes unjuk kerja/praktik. 2) Faktor pendukung Inovasi Guru PAI dalam implementasi penilaian autentik kelas X di SMA N 8 Yogyakarta adalah (a) Adanya masalah, (b) Sarana Prasarana (c) Teknologi Informasi (a) Waktu (b) Keadaan Guru (c) Pelatihan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Inovasi Guru PAI, Penilaian Autentik.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:54
Last Modified: 31 Jul 2017 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26928

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum