NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL MARS KARYA AISHWORO ANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KURIKULUM 2013

NOVA AULIA AZIZAH, NIM. 13410185 (2017) NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL MARS KARYA AISHWORO ANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KURIKULUM 2013. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL MARS KARYA AISHWORO ANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KURIKULUM 2013)
13410185_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI OPTIMISME DALAM NOVEL MARS KARYA AISHWORO ANG DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SMA KURIKULUM 2013)
13410185_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu, banyak menurunnya prestasi belajar peserta didik yang diakibatkan karena kurangnya minat belajar peserta didik sehingga mempengaruhi prestasi belajarnya. Pada kepentingan tersebut pendidikan agama Islam dapat menggunakan novel sebagai media untuk mentransformasikan dan menanamkan nilai-nilai optimisme dalam diri peserta didik. Novel dapat memberikan kontribusi bagi pendidikan, tentu saja novel-novel yang bernafaskan Islam dan banyak mengandung nilai-nilai pendidikan. Oleh sebab itu sikap optimisme harus dikembangkan dalam diri peserta didik sebagai bekal dalam kehidupannya. Optimisme dapat diajarkan dan dilatih pada peserta didik. Agar para peserta didik sungguh menyadari akan tujuan mereka belajar salah satu yang bisa di tanamkan guru pada diri peserta didik adalah penanaman rasa optimisme. Ketika mereka memiliki rasa optimisme yang kuat jelas keberhasilan mereka dalam prestasi di sekolah akan lebih baik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka (Library Research), Substansi pembahasan dalam penelitian ini adalah tentang nilai-nilai optimisme dalam novel Mars dan direlevansikan dengan pendidikan agama Islam SMA Kurikulum 2013. Dengan menggunakan pendekatan semiotika. Sumber datanya yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Nilai-nilai optimisme terdapat pada novel Mars karya Aishworo Ang, diantaranya yaitu memiliki pengharapan yang tinggi, tidak mudah putus asa, mampu memotivasi diri, memiliki kepercayaan diri yang tinggi, tidak bersikap pasrah dan memandang suatu kegagalan sebagai hal yang dapat dirubah, bukan dengan menyalahkan diri sendiri. 2) Relevansi nilai-nilai optimisme dalam novel Mars dengan pendidikan agama Islam SMA Kurikulum 2013 dilihat dari aspek tujuan, materi, metode (pendekatan, model, dan metode) dan penilaian dalam PAI SMA Kurikulum 2013 mempunyai keterkaitan dengan nilai-nilai optimisme dalam novel Mars karya Aishworo ang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sri Purnami, S. Psi., MA
Uncontrolled Keywords: Optimisme, Novel Mars, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2017 09:30
Last Modified: 27 Jul 2017 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum