PENDIDIKAN SEKS DI MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA

JENI ISTIARINI, NIM. 13410132 (2017) PENDIDIKAN SEKS DI MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN SEKS DI MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA)
13410132_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN SEKS DI MAN WATES 1 KULON PROGO YOGYAKARTA)
13410132_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak usia remaja hendaknya sudah mendapatkan informasi mengenai seks yang benar, baik dari keluarga maupun sekolah. Namun pada kenyataannya masih banyak remaja yang belum paham betul mengenai seks sehingga terjerumus pada perilaku seks bebas. Masalah tersebut haruslah dikaji karena dapat menghancurkan moral generasi penerus bangsa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dan mengambil latar MAN Wates 1 Kulon Progo. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan duo modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi pendidikan seks dalam mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Wates 1 Kulon Progo terdiri atas materi tentang zina dan hukum keluarga.(2) Pelaksanaan pembelajaran materi pendidikan seks dalam mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Wates 1 Kulon Progo belum semuanya sesuai dengan RPP yangtelah dirancang guru. Materi disampaikan sesuai dengan buku teks yang digunakan sebagai pegangan siswa maupun guru. Dalam pelaksanaannya, guru menggunakan metode ceramah, cerita dan keteladanan, mencatat, mind map, information search, dialog tanya jawab, simulasi serta nasihat dan peringatan. Metode yang digunakan tersebut lebih condong pada ceramah, namun tetap melibatkan siswa dalam pembelajaran seperti dengan bertanya jawab dan meminta pendapat dari siswa. Guru lebih menekankan pada faktor resiko atau akibat dari sikap maksiat apabila dilakukan oleh siswa sehingga lebih mengena dan siswa dapat berpikir jika ingin melakukan sesuatu. (3) Keterlaksanaan pendidikan seks dalam mata pelajaran fiqh kelas XI di MAN Wates 1 Kulon Progo tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung pelaksanaan pendidikan seks tersebut adalah materi yang diajarkan merupakan materi yang menarik bagi para siswa serta mendapat dukungan dari berbagai pihak dengan menyelipkan materi pendidikan seks ketika mengajar di kelas. Kemudian faktor penghambatnya adalah jam pelajaran yang terjadwal pada siang hari serta kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan strategi pembelajaran ketika mengajar di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan seks, mata pelajaran fiqh.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:55
Last Modified: 31 Jul 2017 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum