UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYIKAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL

MULAT WAHYANTI, NIM. 13410136 (2017) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYIKAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYIKAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL)
13410136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (2).pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENYIKAPI DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL)
13410136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa SMA Negeri 1 Pleret Bantul merupakan sekolah model IMTAQ yang melaksanakan program peningkatan iman dan taqwa yang diwujudkan dengan program keagamaan yang menjadi prioritas dari seluruh kegiatan di sekolah untuk meminimalisir dampak perilaku yang menyimpang akibat penggunaan gadget, namun pada kenyataannya dengan sekolah model IMTAQ, masih ada beberapa perilaku yang terindikasi dari dampak penggunaan gadget seperti saat pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang asyik bermain gadget, siswi upload foto dan juga status dengan katakata yang kurang pantas di sosial media, dan juga berbicara dengan guru layaknya seperti dengan teman sendiri, sehingga membutuhkan upaya dari guru Pendidikan Agama Islam dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana dampak dari penggunaan gadget pada siswa, dan bagaimana upaya guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget pada siswa dan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data dengan mengumpulan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data, menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian: (1) Penggunaan gadget pada siswa mempunyai dampak positif: menambah wawasan/pengetahuan, memudahkan komunikasi, memudahkan mencari materi pelajaran, dan media hiburan. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan gadget diantaranya: anti-sosial, kurang memperhatikan pelajaran di kelas, lupa waktu, dapat mengakses konten negatif, dan adanya perilaku konsumtif. (2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam menyikapi dampak penggunaan gadget pada siswa adalah: memberikan pendampingan, memberikan teguran, menyita gadget, dan Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan keagamaan , sedangkan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menyikapi dampak penggunaan gadget adalah: dipanggil oleh guru BK, memanggil orang tua ke sekolah dan memberi skors.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Upaya guru PAI, gadget, siswa
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:51
Last Modified: 31 Jul 2017 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum