PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

CITRA MARLINA HANDAYANI, NIM. 12490040 (2017) PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI ADISUTJIPTO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
12490040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PERAN BUDAYA ORGANISASI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMK PENERBANGAN ANGKASA ARDHYA GARINI ADISUTJIPTO YOGYAKARTA)
12490040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Di tengah kemajuan era ini tak dapat dipungkiri munculnya dampak negatif dalam hal karakter remaja. Salah satu dampak tersebut yakni adanya kasus-kasus yang menunjukkan degradasi moral. Sebagai contoh, banyaknya kasus siswa tidak masuk tanpa alasan, siswa yang mulai berani dengan guru, dan kasus-kasus yang berkaitan dengan penurunan tingkat disiplin dan tanggung jawab anak-anak remaja. Untuk menanggulangi perilaku tersebut dibutuhkan suatu strategi dalam penyelenggaraan pendidikan. Disinilah peran budaya organisasi di lingkungan sekolah, dalam membentuk karakteristik dasar pendidikan karakter, terutama di bidang disiplin dan tanggung jawab. Disinilah ketertarikan peneliti dengan peran budaya organisasi diterapkan SMK Penerbangan Angkasa Ardhya Garini Adisutjipto Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran budaya organisasi dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa SMK Penerbangan Angkasa Ardhya Garini Adisutjipto Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMK Penerbangan Angkasa Ardhya Garini Adisutjipto Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknis analisis data dengan melakukan transkrip, labeling, gruping, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan dengan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Budaya Organisasi di SMK Penerbangan Angkasa Ardhya Garini Adisutjipto Yogyakarta merupakan sebuah identitas organisasi, yang terangkum dalam isi budaya organisasi, yakni: artefak seperti pamflet bertuliskan kata-kata bijak, norma yang tertuang pada janji siswa; nilai-nilai pada pembelajaran seperti nilai korsa, nilai kepemimpinan, nilai kedisiplinan dan ketertiban; seremoni, ritual dan upacara seperti apel, kurvei dan baris berbaris. (2) Pembinaan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMK penerbangan dilaksanakan melalui program pengasuhan.SMK Penerbangan Angkasa Ardhya Garini Adisutjipto Yogyakarta telah menanamkan nilai-nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam proses pembelajarannya. (3) Tumbuh rasa komitmen terhadap sekolah dan mendorong siswa semakin menginternalisasi nilai kedisiplinan dan nilai tanggung jawab dari budaya organisasi. Karakter disiplin siswa seperti datang tepat waktu, mengikuti pembelajaran sesuai jadwal, menggunakan seragam sesuai ketentuan. Karakter tanggung jawab terlihat dari siswa menerima apapun bentuk sanksi yang diberikan atas pelanggaran yang mereka lakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Mangun Budiyanto, M.S.I
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Karakter Disiplin, dan Karakter Tanggung Jawab.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:48
Last Modified: 31 Jul 2017 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum