PERANAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN ANAK DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI (Studi Kasus di TPQ Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta)

Baryono NIM: 04471203, (2009) PERANAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN ANAK DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI (Studi Kasus di TPQ Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERANAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN ANAK DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI (Studi Kasus di TPQ Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta) )
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERANAN ORANG TUA TERHADAP KEBERHASILAN ANAK DALAM MEMPELAJARI AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRAATI (Studi Kasus di TPQ Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta) )
BAB II.III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana orang tua (wali santri) Taman Pendidikan Al-Quran Nurul Ummah berperan dalam keberhasilan anak ketika mempelajari Al-Quran dengan metode qiraati di Taman Pendidikan Al-Quran Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna untuk meningkatkan peran orang tua (wali santri) terhadap anaknya ketika belajar. Khususnya mempelajari Al-Quran karena pada zaman sekarang ini banyak anak yang enggan mempelajar i Al-Quran yang disebabkan dengan adanya pengaruh budaya yang dapat merusak moral bangsa ini. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa data kuantitatif, namun pada dasarnya penelitian ini adalah bersifat kualitatif yang kemudian dikuantitatifkan dahulu, baru kemudian dikembalikan lagi kedata kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, penyebaran angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan : peranan orang tua terhadap keberhasilan anak di Taman Pendidikan Al-Quran Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta, secara keseluruhan belum maksimal meskipun ada sebagian orang tua (wali santri) TPQ Nurul Ummah yang telah melaksanakan usaha -usaha yaitu : Melahirkan motivasi bagi putra/put rinya untuk terus belajar Al-Quran dengan giat, konsisten dalam membantu putra/putrinya dengan pengawasan dan bimbingan, mempersiapkan tempat belajar, memperhatikan kesehatan dan gizinya, melakukan proses pengulangan dari satu waktu ke waktu yang lainnya , menyuruh rajin masuk dan menggugah kesadaran untuk belajar , mengantar putra/putrinya ketika berangkat ke TPQ Nurul Ummah serta menjemput ketika anak sudah pulang., Menyuruh belajar dengan cara didampingi atau diawasi dan menyuruh belajar sendiri , Mendoakan putra-putrinya. Adapun peran orang tua terhadap anak ketika belajar Al-Quran dengan metode qiraati di TPQ Nurul Ummah dapat dikatakan kurang berperan , hal ini terbukti bahwa dari 35 responden mereka menunjukkan hanya 34.4% wali santri yang ikut ber peran ketika anak dalam mempelajari Al-Quran di TPQ Nurul Ummah. Adapun hasil dari peran serta orang tua ketika anak mempelajari Al-Quran dengan metode qiraati di TPQ Nurul Ummah menunjukkan bahwa ketika orang tua semakin berperan maka santri semakin cepat lulus atau cepat naik jilid. Hal ini terbukti bahwa ketika santri yang orang tuanya ikut berperan menunjukkan santri tersebut lebih cepat naiknya daripada santri yang orang tuanya tidak berperan yaitu membutuhkan waktu yang lebih banyak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto.
Uncontrolled Keywords: Peranan, Orang Tua, Keberhasilan, Anak, Al-Qur'an, Metode Qiraati
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 13 Aug 2012 18:17
Last Modified: 15 Mar 2017 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2695

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum