PERAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN WIRAUSAHA BERBASIS TAUHID DI SD ENTREPRENEUR MUSLIM ALIF-A PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

WIDIA RISKA WAHYUNI, NIM. 13490068 (2017) PERAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN WIRAUSAHA BERBASIS TAUHID DI SD ENTREPRENEUR MUSLIM ALIF-A PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN WIRAUSAHA BERBASIS TAUHID DI SD ENTREPRENEUR MUSLIM ALIF-A PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
13490068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PERAN SEKOLAH DALAM MEMBENTUK KETERAMPILAN WIRAUSAHA BERBASIS TAUHID DI SD ENTREPRENEUR MUSLIM ALIF-A PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
13490068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Krisisnya tingkat pengangguran pada pendidikan, kurangnya kemampuan SDM dalam mengelola kekayaan Indonesia dan pengelolaan yang kurang amanah. Dilihat dari permasalahan ini pentingnya para pendidik mempunyai semangat tinggi untuk membuat konsep pendidikan yang berkarakter entrepreneur berbasis tauhid dengan meneladani keteladanan Rasulullah SAW merupakan cara menyiapkan peserta didik menjadi pribadi yang unggul dan bermental pengusaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan cara yang dilakukan oleh sekolah dalam menanamkan karakter wirausaha berbasis tauhid agar mampu membantu peserta didik mendapatkan pengetahuan tentang berwirausaha sejak dini sekagus membantu membangun kualitas SDI yang amanah dan berintegrasi tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Entrepreneur Muslim ALIF-A Piyungan Bantul Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Tujuan penelitian data ini adalah untuk menyusun dan mendapatkan data yang mudah difahami agar dapat diinformasikan kepada orang lain. Hasil penelitian ini, pertama, peran sekolah dalam pembentukan keterampilan wirausaha peserta didik ditunjukkan dengan kegiatan-kegiatan di sekolah untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan, membantu peserta didik dalam membentuk kepribadian yang berkarakter, dan mampu berinteraksi terhadap lingkungannya yang diseimbangkan melalui pembelajaran tematik terpadu dengan cara melibatkan peserta didik harus aktif dan mengusahakan peserta didik mengenal dan menerima nilai-nilai kewirausahaan dalam mengembangkan kemampuan peserta didik untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Kedua, Dalam pembentukan karakter entrepreneur, sekolah mempunyai enam prinsip dasar dalam pembentukannya, edukatif, efektif, strategis, empirik, leadership, dan produktif melalui tiga zona pembelajaran, yaitu spiritual zone, learning zone, dan entrepreneur zone yang dilakukan berdasarkan karakter dari setiap program.Ketiga, hasil pembentukannya dilihat dari munculnya sikap mandiri, tawakkal, kreatif, inovatif, percaya diri, disiplin, mempunyai rasa tanggungjawab dan bertoleransi terhadap sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Wirausaha, Keterampilan, Tauhid
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:52
Last Modified: 31 Jul 2017 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26961

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum