MANAJEMEN BANK SAMPAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEKTOR EKONOMI DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DI BADEGAN BANTUL

SUSI HARYANI, NIM. 13490070 (2017) MANAJEMEN BANK SAMPAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEKTOR EKONOMI DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DI BADEGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN BANK SAMPAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEKTOR EKONOMI DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DI BADEGAN BANTUL)
13490070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN BANK SAMPAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN SEKTOR EKONOMI DAN KETERAMPILAN MASYARAKAT DI BADEGAN BANTUL)
13490070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya wadah bagi masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah, dalam hal ini Bank Sampah Gemah Ripah di Badegan Bantul, yang menerapkan sistem pengelolaan sampah dengan cara menabung sampah dalam rangka mengurangi pembuangan sampah ke TPA sekaligus mendidik masyarakat dalam mengelola sampah yang dihasilkan, tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan tentang manajemen bank sampah (2) menjelaskan ekonomi masyarakat dengan adanya bank sampah gemah ripah, (3) menjelaskan keterampilan masyarakat dengan adanya bank sampah gemah ripah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara mendalam (indepth interview), observasi dan dokumentasi. Adapun olah dan analisa data dimulai dari transcribing, labelling, grouping, comparing dan contrasting serta interpreting. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen bank sampah gemah ripah ternyata dapat meningkatkan ekonomi dan keterampilan masyarakat. Sejak adanya bank sampah gemah ripah sampah yang dihasilkan masyarakat lebih terkelola dengan baik, yakni dengan cara memilah sampah, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari sampah yang dihasilkan antara lain (1) ekonomi dari tabungan sampah, (2) pelatihan mendaur ulang sampah di bank sampah menjadi barang kerajinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Misbah Ulmunir, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Bank sampah, Ekonomi, Keterampilan
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:53
Last Modified: 31 Jul 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26962

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum