PENAFSIRAN GULUL DALAM SURAT ALI ‘IMRAN AYAT 161 (TELAAH TERHADAP TAFSIR AL QUR’AN TEMATIK PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT KEMENTERIAN AGAMA RI )

OKI DWI RAHMANTO, NIM. 13530136 (2017) PENAFSIRAN GULUL DALAM SURAT ALI ‘IMRAN AYAT 161 (TELAAH TERHADAP TAFSIR AL QUR’AN TEMATIK PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT KEMENTERIAN AGAMA RI ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN GULUL DALAM SURAT ALI ‘IMRAN AYAT 161 (TELAAH TERHADAP TAFSIR AL QUR’AN TEMATIK PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT KEMENTERIAN AGAMA RI ))
13530136_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN GULUL DALAM SURAT ALI ‘IMRAN AYAT 161 (TELAAH TERHADAP TAFSIR AL QUR’AN TEMATIK PEMBANGUNAN EKONOMI UMAT KEMENTERIAN AGAMA RI ))
13530136_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Salah satu karya dari sekian banyak tafsir yang dimiliki Indonesia yaitu Tafsir Al-Qur‟an Pembangunan Ekonomi Umat Kementerian Agama RI. Penafsiran ini sangat menarik untuk diteliti, mengingat tafsir ini merupakan tafsir yang mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan disusun secara sistematis berdasarkan tema-tema aktual di tengah masyarakat yang bisa menjawab berbagai problematika umat. Disamping itu tafsir ini merupakan hasil kolektif yang disusun oleh Tim Kementerian Agama yang terdiri dari banyak disiplin ilmu dan subyektifitas yang beragam sehingga sangat cocok kaitannya dalam menafsirkan kata gulul dalam surat Ali ‘Imran ayat 161. Tindakan gulul dalam surat Ali ‘Imran ayat 161 pada awalnya hanya diartikan dengan berkhianat dalam pembagian harta rampasan perang, tapi tidak hanya itu, khianat juga mempunyai artian yang luas seperti korupsi, suap, menyalahgunkan jabatan dan lain-lain. Berangkat dari latar belakang inilah penulis mengangkat penafsiran kata gulul dalam surat Ali ‘Imran ayat 161 menurut Tafsir Al-Qur‟an Tematik Pembangunan Ekonomi Umat Kementerian Agama RI. Penelitian ini mempunyai dua rumusan masalah yaitu bagaimana penafsiran gulul dalam Surat Ali Imran Ayat 161 menurut Tafsir Al-Qur‟an Tematik Pembangunan Ekonomi Umat Kementerian Agama RI ? dan bagaimana relevansi tindakan gulul dalam konteks kekinian di Indonesia? Jenis penelitian ini yaitu kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan metode diskriptis-analisis. Adapun sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah kitab Tafsir Al-Qur‟an Tematik Pembangunan Ekonomi Umat Kementerian Agama RI karya Tim Kementerian Agama. Sedangkan sumber skunder yang digunakan yaitu artikel, jurnal, buku-buku atau kamus yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh hasil temuan pertama, penafsiran kata gulul dalam surat Ali ‘Imran ayat 161 mempunyai makna berkhianat dalam pembagian harta rampasan perang. Makna khianat tersebut mempunyai arti yang lebih luas seperti korupsi. Kedua, tindakan gulul sangat relevan dengan kondisi kekinian yang ada di Indonesia dengan maraknya fenomena korupsi, suap, pejabat yang menyalahgunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi yang dapat merugikan rakyat, maraknya penyelewengan hak, kedudukan, dan wewenang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Yusuf, M.Ag
Uncontrolled Keywords: gulul, Tafsir Al-Qur'an, korupsi
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:50
Last Modified: 31 Jul 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26975

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum