KENAKALAN REMAJA MUSLIM DALAM KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL DI DESA KARANGWULUH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA

MASHUD SARAGIH, NIM. 00540001 (2005) KENAKALAN REMAJA MUSLIM DALAM KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL DI DESA KARANGWULUH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KENAKALAN REMAJA MUSLIM DALAM KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL DI DESA KARANGWULUH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KENAKALAN REMAJA MUSLIM DALAM KONTEKS PERUBAHAN SOSIAL DI DESA KARANGWULUH KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Akhir-akhir ini, di berbagai mass media, elektronik maupun surat kabar, ramai dibicarakan mengenai tindak kejahatan dan penyakit masyarakat yang mewarnai kehidupan manusia, seperti pemakai obat-obatan terlarang, pembunuhan, pemerkosaan, perjudian, minuman keras yang kian hari kian bertambah pemakainya. Demikian pula halnya di Desa Karangwuluh yang terletak di ufuk barat dari bagian kota Y ogyakarta, berada di Kecamatan Temon Kabupten Kulon Progo, terkena dampak dari kemajuan tersebut seperti perjudian dan minuman keras, yang dilakukan oleh remaja Muslim. Hal ini tentunya tidak terlepas dari berbagai faktor sehingga mewabah tindak kejahatan tersebut. Untuk mengetahui perilaku yang tergolong pada tindakan kejahatan yang bertentangan dengan nilai-nilai sosial, yang dilakukan oleh remaja Muslim Desa Karangwuluh, maka penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dasar pendekatan sosiologi. Dalam melakukan pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu; observasi, interview dan dokumentasi. Dengan tersusunnya skripsi ini, maka penulis mempunya tujuan pokok yaitu; untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fenomena tindak kejahatan dan penyimpangan yang dilakukan oleh remaja Muslim Desa Karangwuluh dan factor pendorong mereka melakukan tindakan tersebut. Dari basil penelitian yang terjadi di Desa Karangwuluh, terdapat beberapa macam tindak kejahatan yang dilakukan oleh remaja Muslim Desa Karangwuluh. Seperti perjudian, minuman keras dan seterusnya. Fenomena kejahatan dan penyimpangan yang terjadi, ternyata dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti; lingkungan sosial, pergaulan, frustasi karena tidak memiliki pekerjaan.demikian pula halnya dalam kelancaran penulisan skripsi ini, penulis bekerja sama dengan berbagai pihak seperti remaja Muslim Desa Karangwuluh, sebagai sumber primer, warga masyarakat yang mengetahui perbuatan-perbuatan yang bertentangan dengan nilai-nilai sosial maupun nilai agamis dan lain-lain, sejauh menunjang dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moh. Damami, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja Muslim, Konteks Perubahan Sosial, Desa Karangwuluh Kecamatan Temon Kulon Progo
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:09
Last Modified: 27 Jul 2017 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26979

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum