METODE TAHFIZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Dewi Mahmudah 03410139, (2009) METODE TAHFIZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE TAHFIZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE TAHFIZ DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang metode tahfiz dalam pembelajaran al-Quran di SD Muhammadiyah Al- Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan untuk masukan dalam metode tahfiz dalam pembelajaran al-Quran sehingga tercipta suasana yang lebih kondusif dalam pembelajaran al-Quran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Al-Mujahidin. Pendekatan dalam penelitian ini adalah psikologi belajar yaitu hukum belajar connectism Thorndike. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik uji triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Materi tahfiz dalam pembelajaran al- Quran (2) Metode tahfiz dalam pembelajaran al-Quran yang digunakan adalah metode memperdengarkan bacaan, membaca sendiri, setoran, murajaah, dan pemberian tugas. (3) Proses pelaksanaan tahfiz dalam pembelajaran al-Quran adalah dengan 3 tahap, yaitu (a) pra belajar, yaitu diawali dengan murajaah selama 5-7 menit, bagi kelas 4 dan 5 tidak diawali dengan murajaah, mengingat panjangya surat dan kurangnya waktu. (b) pembelajaran inti, dilakukan dengan memperdengarkan bacaan bagi siswa kelas 1 dan 2 karena belum mampu membaca al-quran. Membaca sendiri bagi kelas 3-6, karena siswa sudah mampu membaca al-Quran. Siswa menghafalkan al-Quran sambil menunggu dipanggil untuk setoran. Bagi siswa kelas 1 dan 2, saat dipanggil melaksanakan hafalan sekaligus setoran. Siswa kelas 6 selain setoran juga dilaksanakan murajaah untuk memelihara hafalan pada kelas sebelumnya (c) penutup, setelah setoran guru memberi tugas siswa untuk menghafalkan ayat dengan menyebutkan ayat yang harus dihafal. (d) evaluasi, evaluasi dengan tiga cara yaitu evaluasi proses, evaluasi harian, dan evaluasi akhir. Evaluasi hasil dituangkan dalam buku prestasi tahfiz al-quran setelah siswa setoran. Evaluasi proses tentang berlangsungnya proses pelaksanaan tahfiz dalam pembelajaran al-Quran. Evaluasi akhir dilaksanakan pada PIATA yang mencakup nilai kompetensi atau kualitas dan kompetisi atau banyaknya ayat yang dihafal. (4) Hasil dari tahfiz al-quran siswa SD Muhammadiyah Al-Mujahidin pada evaluasi proses, proses pelaksanaan atau pembelajaran belum bisa berjalan optimal karena kurangnya waktu dan guru. Hasil evaluasi harian belum bisa mencapai target, karena siswa belum mampu menghafal lima ayat dalam satu hari. Sedangkan hasil dari evaluasi akhir, secara kompetensi adalah baik, secara kompetisi adalah cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Marhumah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Metode, Tahfiz, Pembelajaran, Al-Qur'an
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 09 Aug 2012 20:40
Last Modified: 09 Aug 2012 20:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2698

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum