STRATEGI MEMPERTAHANKAN IDENTITAS KEAGAMAAN DI TENGAH TURISME GLOBAL (STUDI KOMUNITAS TRIDHARMA DI KLENTENG SAM POO KONG SEMARANG)

ZAKIYATUL FADLAH, NIM. 12520043 (2017) STRATEGI MEMPERTAHANKAN IDENTITAS KEAGAMAAN DI TENGAH TURISME GLOBAL (STUDI KOMUNITAS TRIDHARMA DI KLENTENG SAM POO KONG SEMARANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MEMPERTAHANKAN IDENTITAS KEAGAMAAN DI TENGAH TURISME GLOBAL (STUDI KOMUNITAS TRIDHARMA DI KLENTENG SAM POO KONG SEMARANG))
12520043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MEMPERTAHANKAN IDENTITAS KEAGAMAAN DI TENGAH TURISME GLOBAL (STUDI KOMUNITAS TRIDHARMA DI KLENTENG SAM POO KONG SEMARANG))
12520043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Identitas merupakan sesuatu yang harus dimiliki setiap individu karena identitas berfungsi sebagai tanda pembeda antara satu individu dengan individu lainnya. Klenteng merupakan identitas bagi umat Tridharma. Penelitian ini diadakan di Klenteng Sam Poo Kong Semarang. Dengan dijadikannya Klenteng Sam Poo Kong sebagai tempat wisata sehingga tidak mudah bagi umat Tridharma untuk mempertahankan identitas mereka sebagai tempat ibadah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui secara lebih mendalam bagaimana strategi umat Tridharma dalam mempertahankan identitas keagamaannya di tengah turisme global yang ada di Klenteng Sam Poo Kong Semarang. Penelitian ini membahas satu masalah, yaitu bagaimana upaya untuk mempertahankan identitas keagamaan di tengah turisme global di Klenteng Sam Poo Kong Semarang. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan dengan menyelidiki dan mereduksi; wawancara kepada ketua yayasan, penjaga kuil dan wisatawan; dan dokumentasi berupa buku, data, dan foto. Posisi peneliti dalam studi ini adalah outsider dengan akses yang cukup leluasa terhadap perolehan data. Setelah data terkumpul, penulis menganalisisnya dengan menggunakan teori Stuart Hall tentang identitas. Stuart Hall membagi identitas menjadi tiga konsep subjek yang berbeda, yaitu (a) the enlightenment subject (subjek pencerahan) (b) the sosiological subject (subjek sosiologis) (c) the post-modern subject (subjek pascamodern). Kemudian data diolah secara deskriptif-analitik dan menyajikannya dalam bentuk tulisan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa fungsi Klenteng di Sam Poo Kong Semarang bukan hanya sekedar untuk tempat ibadah bagi umat Tridharma. Namun, fungsi lain Klenteng Sam Poo Kong ini sebagai tempat wisata atau peziarah bagi aliran yang lainnya, karena banyak wisatawan dari domestik maupun internasional yang berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong dengan tujuan yang berbeda-beda, sehingga eksistensi Klenteng Sam Poo Kong sebagai tempat ibadah menurun. Oleh karena itu, dalam menghadapi era modern maka diperlukan cara atau strategi untuk mempertahankan identitas Tridharma yaitu Klenteng Sam Poo Kong di tengah turisme global, agar aktualisasi fungsi dan peran Klenteng sesuai dengan yang seharusnya dapat terlaksana dengan baik. Sehingga dalam mempertahankan identitas keagamaan Klenteng Sam Poo Kong melakukan kegiatan maupun sembahyang yang dilakukan bagi umat Tridharma, dan mengadakan acara dengan menampilkan atraksi seperti Barongsai, menaikkan tarif, dan memberi batasan waktu bagi wisatawan, hal tersebut dilakukan sebagai salah satu strategi umat Tridharma dalam mempertahankan identitasnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ustadi Hamsah, S.Ag.,M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Klenteng Sam Poo Kong, umat Tridharma, the enlightenment subject ,the sosiological subject, the post-modern subject
Subjects: AGAMA - PERBANDINGAN - PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:49
Last Modified: 31 Jul 2017 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum