NYANYIAN GEREJA KRISTEN JAWA (STUDI TENTANG PENGARUH NYANYIAN TERHADAP RELIGIUSITAS JEMAAT DI GEREJA KRISTEN JAWA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA)

WIRANTI DWI PANGESTI, NIM. 13520038 (2017) NYANYIAN GEREJA KRISTEN JAWA (STUDI TENTANG PENGARUH NYANYIAN TERHADAP RELIGIUSITAS JEMAAT DI GEREJA KRISTEN JAWA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NYANYIAN GEREJA KRISTEN JAWA (STUDI TENTANG PENGARUH NYANYIAN TERHADAP RELIGIUSITAS JEMAAT DI GEREJA KRISTEN JAWA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA))
13520038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (27MB) | Preview
[img] Text (NYANYIAN GEREJA KRISTEN JAWA (STUDI TENTANG PENGARUH NYANYIAN TERHADAP RELIGIUSITAS JEMAAT DI GEREJA KRISTEN JAWA GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA))
13520038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Nyanyian Gereja Kristen Jawa (Studi Tentang Pengaruh Nyanyian Terhadap Religiusitas Jemaat di GKJ Gondokusuman Yogyakarta) merupakan penelitian lapangan yang lebih menfokuskan bagaimana pengaruh nyanyian khususnya nyanyian gereja jawa terhadap jemaat sebagai bagian dari objek penelitian. Dengan melihat bagaimana peran nyanyian dalam agama kristen yang merupakan bentuk media seni untuk berkomunikasi dengan Tuhan dan untuk menyatakan isi keimanannya, dan dapat pula menjadi media komunikasi dengan sesama umat dalam menyatakan rasa persekutuan, sehingga boleh dikatakan “umat kristiani tidak dapat dipisahkan dari kegiatan memuji dan menyanyi”. Dalam melakukan kajian skripsi ini, penulis tidak keluar dari tiga rumusan masalah, yaitu: 1) apa jenis serta isi nyanyian yang ada di GKJ Gondokusuman Yogyakarta, 2) mengapa GKJ Gondokusuman Yogyakarta menggunakan musik dan nyanyian tradisional jawa, 3) bagaimana makna dan pengaruh pelaksanaan nyanyian jawa terhadap religiusitas jemaat di GKJ Gondokusuman Yogyakarta. Dengan demikian, kajian dalam skripsi ini bertujuan menjawab tiga rumusan masalah yang telah dirumuskan di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi agama khususnya teori tentang Dimensi Religiusitas Glock and Stark dan teori psikologi musik dari John Handol ML. Metode pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, ineterview, dan dokumentasi. Analisis data deskriptif-kualitatif dengan prosedur reduksi data, penyajian data serta verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah yang pertama, jenis nyanyian yang digunakan di GKJ Gondokusuman Yogyakarta diantaranya kidung pasamuwan kristen, kidung lami, kidung pasamuwan jawi, kidung jemaat, nyanyian rohani, kidung pujian suplemen dan mazmur. Adapun isi nyanyian yang terdiri dari menghadap Allah Esa berupa pujian serta bentuk pengampunan dan pengakuan dosa, pelayanan firman Tuhan, respon terhadap pelayanan firman Tuhan, pelayanan khusus, serta pelayanan waktu dan musim. Kedua, adanya akulturasi budaya jawa dan pengajaran agama kristen dalam tata ibadah berlangsung secara sepadan dan sama kuat tanpa menghilangkan salah satu unsur ajaran kristen dalam pengajaran, disamping untuk mempertahankan kejawaan dalam kehidupan gereja dan jemaat, juga terlihat peran psikologi yang merupakan penggunaaan bahasa keseharian yang akan lebih sampai pada maknanya. Ketiga, adapun makna nyanyian gereja kristen jawa sebagai sarana manusia untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta, dan pelaksanaan nyanyiannya mempunyai pengaruh terhadap religiusitas jemaat di GKJ Gondokusuman Yogyakarta yaitu terhadap dimensi keyakinan, pengetahuan, pengalaman, konsekuensi, serta dimensi praktik/peribadatan. Dari pengaruh yang ditimbulkan nyanyian Gereja Kristen Jawa terhadap religiusitas seseorang, khususnya subyek penelitian ini maka terbukti bahwa nyanyian gereja kristen jawa menarik bagi para pendengarnya dan memotivasi mereka untuk menyelaraskan dengan isi nyanyian tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, GKJ Gondokusuman
Subjects: AGAMA - PERBANDINGAN - PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Perbandingan Agama (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Jul 2017 14:53
Last Modified: 31 Jul 2017 15:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26996

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum