UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MIN MELIKAN GUNUNGKIDUL

Samsudin, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MIN MELIKAN GUNUNGKIDUL. Jurnal Pendidikan Madrasah, Vol. 1 (No. 1). pp. 85-100. ISSN 2527-6794

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MIN MELIKAN GUNUNGKIDUL)
Samsudin - UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS II MIN MELIKAN GUNUNGKIDUL.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

This study aims to increase interest in social studies. By using images media, students in class of 2 MIN Melikan Gunung be pleased to learn IPS and IPS easy to understand the concept, so that social studies is no longer a subject that feels spacious and tough, but being a pleasant subjects. This research was conducted in MIN Melikan, Gunung Kidul, Total students is nine, comprising four boys and five female students. This research is a classroom action research (PTK), with three cycles, each cycle consisting of four phases: planning, action, observation and reflection. Data collected through observation, tests, interviews, and documentation. Analysis of the data used is data reduction, data presentation and conclusion. The results of the analysis of the action pre-cycle, the first cycle, second cycle and third cycle, suggesting that the social studies learning by using media images are varied, such as document family form of ID card, driver's license, KK and pictures of family photos, family tree, actually may increase interest in learning IPS, this can be proved by the progress of learning interest pre-cycle excellent 3 excellent 2 students, the first cycle of either 4 excellent 3 students, the second cycle of either 2 excellent 5 students, the third cycle of either 1 splendidly 6 students, the average yield tests pre-cycle, the end of the test the first cycle, second cycle and third cycle is always increasing. Results of preliminary tests first cycle of pre-cycle average 5.33 average test results the end of the first cycle of 7.11, the average yield of the end of the second cycle test 8.00 and the average yield of the end of the third cycle test 9.22. Social studies lesson in class of II MIN Melikan, Gunung Kidul, which was supposed to be broad and boring lessons interesting and fun student. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS. Dengan menggunakan media gambar, siswa kelas 2 MIN Melikan Gunungkidul menjadi senang belajar IPS dan mudah memahami konsep IPS, sehingga mata pelajaran IPS tidak lagi menjadi mata pelajaran yang dirasa luas dan sulit, tetapi menjadi mata pelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Melikan, Gunungkidul, Jumlah siswa keseluruhan 09 siswa, yang terdiri 4 siswa putra dan 5 siswa putri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis tindakan pra siklus,siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga, menunjukkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media gambar secara bervariasi, seperti dokumen keluarga berupa KTP,SIM,KK dan gambar foto keluarga,silsilah keluarga , betul-betul dapat meningkatkan minat belajar IPS, ini dapat dibuktikan dengan kemajuan minat belajar pra siklus baik 3 baik sekali 2 siswa,siklus pertama baik 4 baik sekali 3 siswa,siklus kedua baik 2 baik sekali 5 siswa,siklus ketiga baik 1 baik sekali 6 siswa, hasil rata-rata tes pra siklus,tes akhir siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga selalu meningkat. Hasil tes awal siklus pertama pra siklus rata-rata 5,33 hasil tes rata-rata akhir siklus pertama 7,11, hasil rata-rata tes akhir siklus kedua 8,00 dan hasil rata-rata tes akhir siklus ketiga 9,22. Pelajaran IPS di kelas II MIN Melikan, Gunung Kidul, yang semula dianggap luas dan membosankan menjadi pelajaran yang menarik dan menyenangkan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Lessons of IPS, Image Media, Hasil Belajar, Mapel IPS, Media Gambar
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Jurnal > 41. Pendidikan Madrasah
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Sep 2017 09:11
Last Modified: 11 Sep 2017 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum