KHAIRUNNISA, NIM. 12210048 (2017) UPAYA K-FOOD MEMPROMOSIKAN MAKANAN HALAL DALAM WEB DRAMA (Analisis Semiotik Pada Video Webdrama Seri “Lunch Box” Di YouTube). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.
|
Text (UPAYA K-FOOD MEMPROMOSIKAN MAKANAN HALAL DALAM WEB DRAMA (Analisis Semiotik Pada Video Webdrama Seri “Lunch Box” Di YouTube))
12210048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf Download (5MB) | Preview |
|
![]() |
Text (UPAYA K-FOOD MEMPROMOSIKAN MAKANAN HALAL DALAM WEB DRAMA (Analisis Semiotik Pada Video Webdrama Seri “Lunch Box” Di YouTube))
12210048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Khairunnisa, 12210048, 2017, Upaya K-Food Mempromosikan Makanan Halal Dalam Web Drama (Analisis Semiotik Pada Video Webdrama Seri “Lunch Box” Di YouTube), Skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Kalijaga. Makanan halal merupakan sebutan untuk makanan yang dikonsumsi oleh umat muslim. Mengkonsumsi makanan yang halal dan baik merupakan perintah Allah SWT langsung yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat yang beriman. Hal tersebut membuat K-Food yang merupakan suatu badan yang bertanggung jawab dalam mempromosikan bahan makanan halal Korea membuat web drama seri berjudul ”Lunch Box” dan publikasikan melalui YouTube. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya K-Food dalam mempromosikan makanan halal, serta mengetahui bagaimana web drama “Lunch box” berusaha menampilkan makanan halal dan tentang bagaimana web drama “Lunch box” meyakinkan penonton bahwa makanan yang ditampilkan halal. Jenis penelitian ini adalah analisis isi kritis dengan pendekatan kualitatif menggunakan analisis semiotik model Roland Barthes. Barthes memiliki gagasan yang dikenal dengan order of significations yang terdiri dari dua tingkat pemaknaan, yaitu denotasi dan konotasi kemudian tanda yang ada dipisahkan berdasarkan penanda dan petanda lalu diuraikan berdasarkan strukturnya. Kemudian diidentifikasi untuk mengetahui makna denotasi, konotasi dan mitosnya. Hasil penulisan Tugas Akhir ini mempunyai kesimpulan yaitu, Melalui “Lunch Box” K-Food berupaya mempromosikan makanan halal dengan bahan Korea namun sesuai dengan syariat Islam. Makanan halal pada “Lunch Box” ditunjukkan melalui bahan-bahan halal berdasarkan syarat halal menurut MUI dan label halal yang terdapat dalam web drama.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information / Supervisor: | Dr. H M. Kholili, M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Web Drama, Makanan Halal, K-Food |
Subjects: | Penyiaran Islam Gaya Hidup |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1) |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 09:26 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 09:26 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27110 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
![]() |
View Item |