REPRESENTASI SOPAN SANTUN DALAM ANIMASI SERIAL ANAK ADIT & SOPO JARWO DI MNC TV (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES TERHADAP TOKOH ADIT & DENNIS)

Insanul Fadhil, NIM. 13210074 (2017) REPRESENTASI SOPAN SANTUN DALAM ANIMASI SERIAL ANAK ADIT & SOPO JARWO DI MNC TV (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES TERHADAP TOKOH ADIT & DENNIS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (REPRESENTASI SOPAN SANTUN DALAM ANIMASI SERIAL ANAK ADIT & SOPO JARWO DI MNC TV (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES TERHADAP TOKOH ADIT & DENNIS))
13210074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (15MB) | Preview
[img] Text (REPRESENTASI SOPAN SANTUN DALAM ANIMASI SERIAL ANAK ADIT & SOPO JARWO DI MNC TV (ANALISIS SEMIOTIK CHARLES TERHADAP TOKOH ADIT & DENNIS))
13210074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Insanul Fadhil. Representasi Sopan Santun Dalam Animasi Serial Anak Adit & Sopo Jarwo di MNC TV (Analisis Semiotik Charles terhadap Tokoh Adit & Denis). Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Universitas Islam negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017. Perilaku sopan santun khususnya anak-anak jarang kita jumpai dan cenderung memprihatinkan. Hal tersebut banyak faktor peyebabnya salah satunya akibat dari tayangan televisi yang kurang mendidik seperti sinetron yang menampilkan kekerasan, percintaan dan lainnya. Adit & Sopo Jarwo sebagai salah satu tayangan berkategori anak-anak yang banyak menampilkan perilaku sopan santun sangat bagus sebagai salah satu refrensi tayangan untuk orang tua dalam mendidik anak lewat media televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sopan santun direpresentasi dalam sebuah karya audio visual berupa animasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan referensi contoh tayangan televisi yang baik dan mendidik khususnya untuk nak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitiannya adalah representasi sopan santun dan subjek penelitian ini adalah animasi serial anak Adit & Sopo Jarwo. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi. Dengan menggunakan metode analisis data semiotik model Charles Sanders Peirce. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa representasi sopan santun dalam animasi serial anak Adit & Sopo Jarwo episode “Saudara Berkunjung Semua Tersanjug” “Niat Bagus Jadi Pupus” meliputi: memiliki tata krama dan sopan santun, meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa, mampu berpikir positif, memiliki rasa tanggung jawab, memiliki kebersamaan dan gotong royong, menumbuhkan cinta dan kasih sayang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Akhmad Rifa’i, M.Phil
Uncontrolled Keywords: Representasi sopan santun, animasi serial anak Adit & Sopo Jarwo
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 15:58
Last Modified: 15 Sep 2017 15:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27124

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum