PENDIDIKAN KRITIS KAUM PEREMPUAN: STUDI KASUS OMAH PEREMPUAN SINAU DESA (OPSD) DI KULONPROGO D.I. YOGYAKARTA

Ridwan Faqih Abdullah, NIM. 13230009 (2017) PENDIDIKAN KRITIS KAUM PEREMPUAN: STUDI KASUS OMAH PEREMPUAN SINAU DESA (OPSD) DI KULONPROGO D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KRITIS KAUM PEREMPUAN: STUDI KASUS OMAH PEREMPUAN SINAU DESA (OPSD) DI KULONPROGO D.I. YOGYAKARTA)
13230009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KRITIS KAUM PEREMPUAN: STUDI KASUS OMAH PEREMPUAN SINAU DESA (OPSD) DI KULONPROGO D.I. YOGYAKARTA)
13230009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Omah Perempuan Sinau Desa (OPSD) adalah pusat training dan edukasi bagi perempuan desa berbentuk sekolah yang terbagi menjadi tiga level kelas. Sekolah ini sebagai ruang kaderisasi dan gerakan untuk memperkuat advokasi perempuan desa. OPSD merupakan salah satu metode pendidikan kritis yang dikembangkan oleh Mitra Wacana untuk menjembatani kesadaran primordial perempuan ke kesadaran baru. Saat ini ada 9 desa yang didampingi untuk mengembangkan sekolah ini. Penelitian sebelumnya banyak yang membahas mengenai penguatan kapasitas perempuan terutama politik dan ekonomi. Sekolah model OPSD ini juga belum banyak dikembangkan. Melihat dinamika OPSD yang lebih berada pada ranah penguatan pengetahuan kritis dan gerakan sosial, maka penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan. Pertanyaan penelitian yang diajukan adalah latar belakang OPSD dan proses pendidikan kritis melalui OPSD. Penelitian kualitatif dipilih agar peneliti dapat lebih leluasa dan lebih lama mengamati objek penelitian dan dinamika lingkungan sosialnya. Peneliti menggunakan kerangka teori pendidikan kritis yang dikemukakan oleh Freire dan ketidak adilan gender dari Mansour Fakih. Dasar pemikiran dari OPSD adalah mencerdaskan perempuan dan transformasi sosial. Hampir setiap keluarga di Kulonprogo ada yang bermigrasi mencari nafkah ke luar negeri karena permasalahan ekonomi dan kekerasan di dalam rumah dan sebagian besar dari mereka tidak mengetahui bagaimana migrasi yang aman, posisi dan peran perempuan di desa ternyata masih terpinggirkan. Materi yang dibahas adalah problem sosial yang dihadapi perempuan, menggali pengalaman dan menjadikannya pelajaran bersama. Para peserta setelah mengikuti kelas dasar dan menengah sudah mengalami kemajuan, terutama dari sisi pengetahuan dan analisis sosial, sebagian yang lain sudah bisa melakukan advokasi di level desa dan berhasil. Kesadaran baru sudah terbentuk, tetapi belum semua desa melakukan gerakan aksi karena berbagai tantangan yang dihadapi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdur Rozaki, M.Si.
Uncontrolled Keywords: ketidak adilan gender, trafficking, pendidikan kritis dan transformasi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 10:49
Last Modified: 04 Aug 2017 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27144

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum