PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD

Widuri, NIM. 13480016 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD)
13480016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV MI/SD)
13480016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Widuri, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA MI/SD”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Pembelajaran kooperatif melatih siswa untuk dapat mampu berpartisipasi aktif dan berkomunikasi. Manusia sebagai makhluk individu maupun mahluk sosial, memiliki dorongan ingin tahu, ingin maju dan berkembang, maka salah satu sarannya adalah komunikasi. Kemampuan ini sangat penting sebagai bekal mereka dalan kehidupan di masyarakat. Banyak ditemukan siswa yang masih belum bisa berkomunikasi dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV MI/SD. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivallent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Ma’arif Bego, dengan sampel penelitiannya sebanyak dua kelas yang terdiri dari 56 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Validitas instrumen dalam penelitian ini dilakukan validitas konstruk dan reliabilitas instrumen diuji dengan software Anates dengan kriteria tinggi yaitu sebesar 0,79. Selanjutnya, dilakukan pengujian prasyarat dengan normalitas diperoleh data yang tidak normal yaitu sebesar 0,003 < 0,05, pada kelas kontrol dan 0,066 > 0,05 pada kelas eksperimen. Sedangkan uji homogenitas dalam penelitian ini diperoleh variansi yan sama atau homogen yaitu sebesar 0,850 > 0,05. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode skala dan observasi dengan uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney dengan bantuan perangkat SPSS 22.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray) terhadap keterampilan berkomunikasi siswa pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan kelas IV MI/SD. Hal ini dibuktikan dari hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann Whitney, dengan diperoleh nilai signifikansi Asymp.Sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Lebih lanjut, diperkuat dengan meningkatnya nilai rata-rata skala dan observasi. Pada kelas eksperimen memperoleh nilai skala sebelum perlakuan sebesar 10,66 dan setelah perlakuan naik menjadi 18,33 begitu juga dengan nilai observasi sebesar 9,85 dan setelah perlakuan naik menjadi 10,46. Sedangkan kelas kontrol pada skala sebelum perlakuan sebesar 11,5 setelah perlakuan menjadi 14,53 dan nilai observasi sebelum perlakuan sebesar 10,03 menjadi 10,31. Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray), keterampilan berkomunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif TSTS (Two Stay Two Stray), keterampilan berkomunikasi.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 08:32
Last Modified: 04 Aug 2017 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27201

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum