PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN KEPING BILBUL UNTUK KELAS IV SD/MI

Yuyun Windiastuti, NIM. 13480081 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN KEPING BILBUL UNTUK KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN KEPING BILBUL UNTUK KELAS IV SD/MI)
13480081_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MATEMATIKA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT MENGGUNAKAN KEPING BILBUL UNTUK KELAS IV SD/MI)
13480081_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Yuyun Windiastuti, “Pengembangan Alat Peraga Matematika Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Keping Bilbul Untuk Kelas IV SD/MI”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Tujuan penelitian untuk: mengetahui spesifikasi dan prosedur penggunaan alat peraga Keping Bilbu, mengetahui kualitas kelayakan alat peraga Keping Bilbul berdasarkan penilaian dari ahli materi dan ahli media, mengetahui penilaian guru, peer reviewer dan respon siswa terhadap Keping Bilbul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Develoment). Prosedur penyusunan alat peraga Matematika terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji terbatas dan revisi, produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan untuk melihat kualitas kelayakan alat peraga Matematika ini dengan menggunakan lembar angket. Alat peraga divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Alat peraga kemudian dinilai oleh 2 orang guru Matematika, 2 peer reviewer dan direspon 10 siswa kelas IV SDN Karangwuni melalui uji terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kuantitatif kemudian dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk dengan nilai kualitas minimal B. Hasil dari penelitian alat peraga Keping Bilbul setelah dikembangkan adalah sebagai berikut: berdasarkan penilaian ahli materi adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 37 dan penilaian ahli media adalah Cukup (C) dengan skor rata-rata 32, berdasarkan penilaian oleh dua orang guru Matematika diperoleh skor rata-rata 76 dengan kriteria Sangat Baik (SB), berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor rata-rata 75,5 dan berdasarkan penilaian 10 siswa kelas IV SDN Karangwuni adalah positif dengan presentase 96,25%, sehingga alat peraga yang dikembangkan layak untuk digunakan. Kata Kunci: pengembangan, alat peraga Matematika, bilangan bulat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Mauluah M.Si, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan, alat peraga Matematika, bilangan bulat
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 09:54
Last Modified: 04 Aug 2017 09:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27209

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum