POLA KERJA SAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA (STUDI KASUS DI SD UNGGULAN MUHAMADIYAH KRETEK BANTUL)

Reni Windaryati, NIM. 13480132 (2017) POLA KERJA SAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA (STUDI KASUS DI SD UNGGULAN MUHAMADIYAH KRETEK BANTUL). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (POLA KERJA SAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA (STUDI KASUS DI SD UNGGULAN MUHAMADIYAH KRETEK BANTUL))
13480132_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (19MB) | Preview
[img] Text (POLA KERJA SAMA ANTARA GURU DAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA (STUDI KASUS DI SD UNGGULAN MUHAMADIYAH KRETEK BANTUL))
13480132_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Reni Windaryati, 2017. Kerja sama Antara Guru Dan Orang Tua Dalam Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Di SD Unggulan Muhammadiyah Kretek Bantul). Skripsi, Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara kerja sama yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa, mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa serta untuk mengetahui faktor keberhasilan dan faktor penghambat dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa di SD Unggulan Muhammadiyah Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus yang dilakukan di SD Unggulan Muhammadiyah Kretek. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) cara kerja sama yang dilakukan oleh guru dan orang tua antara lain (a) kunjungan orang tua ke sekolah yang meliputi rapat komite dan pengajian parenting, (b) mendirikan perkumpulan orang tua dengan guru, (c) pemantauan tugas harian serta (d) grup whatsapp (2) upaya-upaya yang dilakukan guru dan orang tua dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa antara lain: (a) pengajaran yang mencakup pemberian tugas, (b) keteladanan, (c) menentukan prioritas, (d) program market day, (e) reward and punishment, (f) nasihat. (3) faktor keberhasilan dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa meliputi kebiasaan, guru dan orang tua selalu memberikan informasi serta adanya alat komunikasi (HP). Faktor penghambat dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa meliputi: kesibukan orang tua dan kurangnya keseriusan orang tua. Kata Kunci: Kerja sama, Guru, Orang Tua, Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Luluk Maulu’ah, M.Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kerja sama, Guru, Orang Tua, Tanggung Jawab
Subjects: Komunikasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Aug 2017 10:01
Last Modified: 04 Aug 2017 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27212

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum