PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGIES) SMAN 8 YOGYAKARTA

NARGIS SURAYATUL UMMAH NIM. 04410833, (2009) PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGIES) SMAN 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGIES) SMAN 8 YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (795kB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA INTERNET DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS ICT (INFORMATION COMMUNICATION TECHNOLOGIES) SMAN 8 YOGYAKARTA )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini masih konvensional dan keterbatasan sumber belajar membawa dampak pada kurangnya pemahaman dan pengamalan siswa terhadap materi pelajaran Pendidikan Agama Islam, maka mengintegrasikan internet dalam pembelajaran merupakan satu cara untuk mengatasinya. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana bentuk pemanfaatan media internet, bagaimana efektivitas pemanfaatan media internet, dan apa faktor pendukung dan penghambat dari pemanfaatan media internet dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pemanfaatan media internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, efektivitas pemanfaatan media internet serta faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi ini kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif analitik. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu membandingkan data hasil observasi dengan data hasil wawancara dan dengan dokumentasi. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Bentuk pemanfaatan internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas ICT SMA Negeri 8 Yogyakarta adalah web enhanced course, yaitu pemanfaatan internet untuk menunjang peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar di kelas. Disini internet dimanfaatkan sebagai media pembelajaran untuk mencari bahan pelajaran. Fasilitas internet yang digunakan dalam pembelajaran adalah world wide web (www), e-mail dan mailing list. 2) Efektivitas pemanfaatan internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas ICT SMA Negeri 8 Yogyakarta sudah efektif. Dapat dilihat proses belajar mengajar selalu menggunakan internet dan teknologi lainnya. Waktu belajar siswa lebih banyak karena setiap saat bisa mengakses internet untuk searching atau berdiskusi, dan nilai ujian siswa dan rata-rata nilai kelas ICT lebih tinggi dibanding kelas regular. 3) Faktor pendukung dari pemanfaatan internet dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas ICT SMA Negeri 8 Yogyakarta adalah Kebijakan sekolah dalam melaksanakan program kelas ICT, kemauan siswa yang tinggi untuk mencari pengetahuan dari berbagai sumber melalui situs-situs di internet, kooperatifnya semua pihak untuk membantu kelancaran belajar, ide dan kemauan siswa dan guru yang saling mendukung untuk berfikir kreatif dan kritis. Faktor penghambatnya adalah minimnya fasilitas sekolah yakni kecepatan akses yang mana bandwidthnya hanya 256 KBPS dan terbatasnya guru yang menguasai internet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Nur Munajat M. Si
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media, Internet, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, ICT, i Information Communication Technologies /i
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 02 Jan 2013 20:41
Last Modified: 02 Jan 2013 20:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2724

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum