TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PADA KELUARGA PERANTAU DI DUSUN SINGOJOYO KELURAHAN BRUNOSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH

Saeful Makruf, NIM. 13350031 (2017) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PADA KELUARGA PERANTAU DI DUSUN SINGOJOYO KELURAHAN BRUNOSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PADA KELUARGA PERANTAU DI DUSUN SINGOJOYO KELURAHAN BRUNOSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH)
13350031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PADA KELUARGA PERANTAU DI DUSUN SINGOJOYO KELURAHAN BRUNOSARI KECAMATAN BRUNO KABUPATEN PURWOREJO JAWA TENGAH)
13350031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pasangan pernikahan yang ideal adalah apabila suami dan istri tinggal dalam satu rumah, sehingga dapat melaksanakan hak dan kewajiban suami istri secara maksimal. Merantaunya seorang suami pada pasangan keluarga perantau di dusun Singojoyo bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, namun tidak dapat dipungkiri pekerjaan merantau ini menimbulkan problem dalam rumah tangga mereka terkait dengan pelaksanaan hak dan kewajiban. Berdasarkan latar belakang tersebut, penyusun tertarik untuk mengetahui bagaiamana pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri dalam pasangan keluarga perantau, dampak yang ditimbulkan dari merantaunya seorang suami, serta bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut. Penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan, yaitu penelitian yang dilakukan pada keluarga perantau di dusun Singojoyo kelurahan Brunosari kecamatan Bruno kabupaten Purworejo. Sifat penelitian ini adalah preskriptif, yaitu penelitian yang ditunjukkan untuk menilai suatu masalah, dalam hal ini adalah hak dan kewajiban pada keluarga perantau, sudah sesuai atau belum dengan hukum Islam. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif. Pendekatan normatif, yaitu pendekatan dengan menggunakan sudut pandang hukum Islam. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode induktif, yaitu menguraikan data dari lapangan kemudian dianalisis dengan menggunakan kerangka deduktif berupa ayat-ayat Al-quran, maupun hadis, serta kaidah dalam ushul fiqih dan juga penafsiran hukum terhadap suatu masalah yang belum jelas hukumnya dalam Al-Quran dan Hadis. Penulis dalam masalah ini menggunakan sadd aż-żarī’ah. Hasil penelitian yang penyusun lakukan, terungkaplah bahwa pelaksanaan hak dan kewajiban pada keluarga perantau di dusun Singojoyo terbagi menjadi dua, yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif, ada 2 macam yaitu, pertama, para suami yang bekerja di tanah rantau telah melakukan kewajiban memberi nafkah dengan baik, suami belum sepenuhnya mendidik dan menggauli istrinya dengan baik ketika suami merantau. Kedua, para istri sudah menjalankan kewajiban dengan baik, seperti melayani suami dengan baik, dan mematuhi suami, meskipun ada yang tidak mematuhi suami. Secara kualitatif, pasangan keluarga perantau telah melakukan kewajiban pemenuhan kebutuhan biologis dengan baik. Dampak yang ditimbulkan akibat suami merantau yaitu, kurangnya perhatian terhadap anak dan adanya perselingkuhan pada pasangan keluarga perantau. Dalam hukum Islam sebenarnya tidak ada yang membahas secara implisit mengenai hukum suami merantau, akan tetapi melihat kemafsadatan yang ditimbulkan lebih besar dari pada kemaslahatan pada keluarga perantau di dusun Singojoyo, maka suami merantau di dusun Singojoyo lebih baik dihindari (teori sadd aż-żarī’ah).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Djazimah, S. Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: hukum islam, hak dan kewajiba,keluarga suami, istri
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Oct 2017 14:31
Last Modified: 13 Oct 2017 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum