PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM TIRTA DHARMA DI KECAMATAN SEWON BANTUL

Cahyo Pramono, NIM. 10610037 (2017) PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM TIRTA DHARMA DI KECAMATAN SEWON BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM TIRTA DHARMA DI KECAMATAN SEWON BANTUL)
10610037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN ALGORITMA BORUVKA DALAM MENENTUKAN MINIMUM SPANNING TREE PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR BERSIH PDAM TIRTA DHARMA DI KECAMATAN SEWON BANTUL)
10610037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kabupaten Bantul merupakan salah satu wilayah yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten Bantul memiliki perusahaan daerah air minum (PDAM) Tirta Dharma yang berada di Jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, No. 83, Bantul, Yogyakarta. Perusahaan ini mengelola dan mensuplai kebutuhan air bersih untuk wilayah Bantul. PDAM Tirta Dharma Bantul mempunyai unit wilayah Instalasi Pengolahan Air (IPA) di Kecamatan Sewon. Instalasi Pengolahan Air (IPA) merupakan jaringan yang terbentuk dari beberapa pipa. Menurut pengamatan jaringan pipa utama yang sudah terbentuk di unit Sewon belum efisien karena pipa utama yang terpasang masih panjang. Sehingga akan berpengaruh pada penggunaan pipa dan biaya pemasangan pipa, untuk mendapatkan jaringan pipa yang efisien, jaringan pipa PDAM Tirta Dharma khususnya di unit Sewon dapat dimasukkan dalam masalah pencarian pohon perentang minimum. Pencarian pohon perentang minimum ini akan diselesaikan dengan Algoritma Boruvka. Peta PDAM unit Sewon akan digambarkan dalam suatu graf lengkap berbobot dimana titik-titik graf adalah sambungan pipa dan sisi-sisinya adalah panjang pipa antara titik-titik tersebut. Pencarian pohon perentang minimum akan dilakukan secara perhitungan manual maupun dengan program sederhana dengan bantuan software MATLAB 8.1 (2013). Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan Algoritma Boruvka secara manual maupun dengan program didapatkan total pajang pipa yang sama yaitu 12.170 meter dari panjang awal pipa 21.970 meter, sehingga penggunaan pipa lebih efisien sebesar 45%. Oleh karena itu, Algoritma Boruvka dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan panjang minimum dari jaringan pipa PDAM Tirta Dharma di unit Sewon. Kata Kunci: Algoritma Boruvka, MATLAB, Minimum Spanning Tree (MST), PDAM Tirta Dharma Bantul unit Sewon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muchammad Abrori, S.Si., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Algoritma Boruvka, MATLAB, Minimum Spanning Tree (MST), PDAM Tirta Dharma Bantul unit Sewon.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Sep 2017 14:35
Last Modified: 12 Sep 2017 14:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27332

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum