PEMBENTUKAN KATA SANDI MENGGUNAKAN PERTUKARAN KUNCI STICKEL ATAS ALJABAR MIN-PLUS UNTUK MENGAMANANKAN INFORMASI RAHASIA

MAHENDRA FAKHRUL FATHAN, NIM. 13610007 (2017) PEMBENTUKAN KATA SANDI MENGGUNAKAN PERTUKARAN KUNCI STICKEL ATAS ALJABAR MIN-PLUS UNTUK MENGAMANANKAN INFORMASI RAHASIA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KATA SANDI MENGGUNAKAN PERTUKARAN KUNCI STICKEL ATAS ALJABAR MIN-PLUS UNTUK MENGAMANANKAN INFORMASI RAHASIA)
13610007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KATA SANDI MENGGUNAKAN PERTUKARAN KUNCI STICKEL ATAS ALJABAR MIN-PLUS UNTUK MENGAMANANKAN INFORMASI RAHASIA)
13610007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pesan yang dikirimkan melalui jalur yang tidak aman sangat rentan untuk disadap, maka diperlukan solusi untuk mengamankan informasi. Salah satu cara mengamankan pesan adalah menggunakan kriptografi yaitu dengan menyandikan isi pesan (plainteks) tersebut menjadi isi yang tidak dipahami melalui proses enkripsi, dan untuk memperoleh isi pesan asli dilakukan dekripsi, disertai kunci yang sama. Kesepakatan kunci dapat dikakukan walaupun kedua belah pihak tidak saling bertemu, dengan menggunakan protokol pertukaran kunci. Protokol pertukaran kunci pertama kali diperkenalkan oleh Diffie-Hellman, protokol ini menggunakan struktur aljabar komutatif dan keamanannya diletakkan pada masalah logaritma diskrit. Adanya ancaman komputer kuantum dimasa depan mengakibatkan protokol dengan struktur aljabar komutatif akan mudah untuk dipecahkan. Pengembangan protokol pertukaran kunci menggunakan struktur aljabar non-komutatif diharapkan mampu meningkatkan keamanan kunci rahasia, salah satunya yaitu protokol pertukaran kunci Stickel dengan menggunakan struktur aljabar non komutatif. Tugas akhir ini membahas mengenai protokol pertukaran kunci Stickel menggunakan polinomial dan matriks atas aljabar min-plus. Keamanan protokol pertukaran kunci ini diletakkan pada permasalahan dekomposisi. Protokol pertukaran kunci ini menggunakan polinomial dan matriks atas aljabar min-plus. Pihak penyadap akan sulit mengetahui kunci rahasianya kerena harus memecahkan fungsi polinomial yang digunakan oleh kedua belah pihak. Kata Kunci : Kriptografi, Aljabar Min-Plus, Protokol Pertukaran Kunci, Semiring

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Zaki Riyanto, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kriptografi, Aljabar Min-Plus, Protokol Pertukaran Kunci, Semiring
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Sep 2017 14:54
Last Modified: 12 Sep 2017 14:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27336

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum