Pengembangan Realia Awetan Basah Avertebrata Berbasis Potensi Lokal sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Siswa SMA/MA Kelas X

Khis Badiana, NIM. 11680029 (2017) Pengembangan Realia Awetan Basah Avertebrata Berbasis Potensi Lokal sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Siswa SMA/MA Kelas X. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
11680029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text
11680029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran realia awetan basah berbasis potensi lokal pada sub materi avertebrata untuk siswa SMA/MA kelas X dan mengetahui kualitas produk media. Penelitian dilakukan dengan dua tahap penelitian. Pertama, penelitian deskriptif-eksploratif jenis avertebrata di zona intertidal Pantai Krakal dengan metode transek kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan 20 spesies, yaitu Filum Porifera (3 spesies), Filum Coelenterata/Cnidaria (4 spesies), Filum Echinodermata (5 spesies) dan Filum Moluska (8 spesies). Kedua, penelitian pengembangan media realia awetan basah avertebrata menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4-D (define, design development, and disseminate). Media dinilai oleh 1 ahli media, 1 ahli materi, 3 peer reviewer, 1 guru biologi dan 15 siswa kelas X SMA untuk mengetahui tanggapan siswa. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang selanjutnya akan diubah menjadi data kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Hasil penelitian pengembangan berupa media realia awetan basah yang dilengkapi dengan buku suplemen sebagai penjelas. Kualitas berdasarkan hasil penilaian yaitu ahli media dan ahli materi termasuk kategori Sangat Baik dengan persentase sebesar 88,125%, peer reviewer termasuk kategori Baik dengan persentase sebesar 81,72%, dan guru biologi termasuk kategori Baik dengan persentase sebesar 83,10%, didukung oleh respon siswa terhadap produk termasuk kategori Sangat Baik dengan persentase sebesar 85,42%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi untuk siswa SMA/MA kelas X. Kata kunci: realia, awetan basah, avertebrata, potensi lokal, dan media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistyawati, S.Pd.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: realia, awetan basah, avertebrata, potensi lokal, dan media pembelajaran.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 13 Sep 2017 08:41
Last Modified: 13 Sep 2017 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27343

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum