PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA

Ika Novia Listiani, NIM. 12680007 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
12680007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATERI POKOK ARCHAEBACTERIA DAN EUBACTERIA UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA)
12680007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video berbasis Sparkol VideoScribe pada materi pokok archaebacteria dan eubacteria untuk siswa kelas X SMA/MA dan mengetahui kualitas media pembelajaran video berbasis Sparkol VideoScribe sehingga layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4D Thiagarajan termodifikasi. Tahapan dari model 4D diantaranya Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini hanya sampai tahap Develop (pengembangan). Kualitas video berbasis Sparkol VideoScribe ini dinilai oleh 1 orang ahli media, 1 orang ahli materi, 1 orang guru Biologi, 5 orang peer reviewer, dan 15 orang siswa kelas X SMA Kolombo Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket check list. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan video berbasis Sparkol VideoScribe yang dikembangkan dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Berdasarkan penilaian oleh ahli media, ahli materi, guru dan peer reviewer menunjukkan bahwa kualitas video berbasis Sparkol VideoScribe termasuk kategori Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 86,88%. Demikian pula hasil respon siswa menunjukkan video berbasis Sparkol VideoScribe memiliki kualitas Sangat Baik dengan persentase keidealan sebesar 84,25%. Berdasarkan hasil perolehan data tersebut menunjukkan bahwa video berbasis Sparkol VideoScribe pada materi pokok archaebacteria dan eubacteria layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi siswa kelas X SMA/MA. Kata Kunci: Pengembangan, Video, Sparkol VideoScribe, Archaebacteria dan Eubacteria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, S.Pd., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Video, Sparkol VideoScribe, Archaebacteria dan Eubacteria.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Sep 2017 09:17
Last Modified: 14 Sep 2017 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27354

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum