EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X MIPA MAN PAKEM

Badrotus Solihah, NIM. 12690029 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X MIPA MAN PAKEM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X MIPA MAN PAKEM)
12690029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS X MIPA MAN PAKEM)
12690029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul efektivitas model problem based learning (PBL) terhadap motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Suhu dan Kalor di kelas X MIPA MAN Pakem. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa berdasarkan hasil analisa persentase penguasaan materi soal fisika UN SMA/MA tahun 2013 dan 2014 khususnya pada materi suhu dan kalor. Model pembelajaran yang digunakan yaitu PBL, dimana model pembelajaran ini menenkankan pada penyelesaian masalah, sehingga diharapkan dengan adanya permasalahan yang dibahas akan mempengaruhi motivasi belajar siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas model PBL terhadap motivasi belajar siswa (2) Mengetahui efektivitas model PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan Suhu dan Kalor di kelas X MIPA MAN Pakem. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan bentuk non equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas yang berupa model pembelajaran PBL dan variabel terikat yang berupa motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X MIPA MAN Pakem sebanyak tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik acak kelas, dan terpilih kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan angket motivasi belajar dan tes yang terdiri atas pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik parametrik menggunakan t test dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan model PBL efektif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,50 (sedang), kelas kontrol 0,32 (sedang) dan besarnya effect size adalah 1,25, hal ini menunjukkan bahwa perbedaan peningkatan motivasi belajar kedua kelas tersebut masuk dalam kategori tinggi. (2) Pembelajaran dengan menggunakan model PBL efektif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi suhu dan kalor dengan N-gain kelas eksperimen sebesar 0,62 (sedang), kelas kontrol 0,49 (sedang) dan besarnya effect size adalah 0,88. Hal ini menunjukka bahwa perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kedua kelas tersebut masuk dalam kategori tinggi. Selain itu, persentase hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang >= 65, batas KKM adalah sebesar 83,33% dan 53,57%. Kata kunci: Model PBL, motivasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, suhu dan kalor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Model PBL, motivasi belajar siswa, kemampuan berpikir kritis, suhu dan kalor
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 13:23
Last Modified: 15 Sep 2017 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27370

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum