MANAJEMEN SARANA DAN PRASANA PENDIDIKAN DALAM MANINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA

Yulia Ayusanningtyas, NIM 1320410008 (2017) MANAJEMEN SARANA DAN PRASANA PENDIDIKAN DALAM MANINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SARANA DAN PRASANA PENDIDIKAN DALAM MANINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
1320410008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SARANA DAN PRASANA PENDIDIKAN DALAM MANINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI MTs YAKETUNIS YOGYAKARTA)
1320410008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (801kB)

Abstract

Pada peserta didik normal lebih mudah untuk memilih, menggunakan, dan mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Hal ini berbeda dengan sekolah luar biasa karena sekolah harus sebisa mungkin menghadirkan sarana prasarana yang dapat diakses oleh peserta didiknya yang berkebutuhan khusus. Oleh karena itu, sarana prasarana adalah salah satu komponen yang penting dalam menunjang kegiatan pembelajaran. Karena dengan sarana prasarana yang lengkap dan memadai diharapkan dapat memberikan variasi dalam kegiatan pembelajaran, serta memberikan pengalaman baru bagi peserta didik tuna netra, dan mempermudah peserta didik tuna netra dalam mempelajari materi yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam tentang manajemen sarana prasarana pendidikan di MTs Yaketunis Yogyakarta, sebuah lembaga pendidikan yang concern dalam memberikan pelayanan pendidikan bagi peserta didik khusus tuna netra. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MTs Yaketunis Yogyakarta. Informan penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana di MTs Yaketunis, kepada guru kepala laboratorium di MTs Yaketunis, kepada guru mata pelajaran IPA sekaligus guru pelaksana laboratorium IPA di MTs Yaketunis, dan guru mata pelajaran TIK sekaligus guru pelaksana laboratorium komputer di MTs Yaketunis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs Yaketunis telah melakukan manajemen sarana prasarana pendidikan secara optimal dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen sarana dan prasarana pendidikan dengan baik mulai dari proses perencanaan sarana prasarana pendidikan, pengadaan sarana prasarana pendidikan, pemeliharaan sarana prasarana pendidikan, penyimpanan sarana prasarana pendidikan, hingga penghapusan sarana prasarana pendidikan. Guru juga telah memanfaatkan sarana prasarana pendidikan dengan sangat baik. Pada mata pelajaran TIK, guru dan peserta didik telah memanfaatkan laboratorium komputer dan komputer bicara yang tersedia untuk kegiatan pembelajaran dengan baik. Begitupula pada mata pelajaran IPA, guru dan peserta didik telah memanfaat alat peraga IPA dengan baik. Hal ini tercermin dari antusiasme peserta didik ketika guru memanfaatkan alat peraga. Faktor pendukung dalam melaksanakan manajemen sarana prasarana pendidikan di MTs Yaketunis antara lain: kesadaran seluruh warga sekolah mengenai pentingnya menjaga sarana prasarana pendidikan yang telah dimiliki dan kreatifitas guru, serta adanya dukungan dari sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: minimnya pendanaan, minimnya tenaga ahli, dan besarnya biaya produksi. Kata kunci: Manajemen, Sarana Prasarana Pendidikan, Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Ro'fah, S.Ag., BSW., MA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sarana Prasarana Pendidikan, Proses Pembelajaran
Subjects: Manajemen > Aset
Manajemen
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 13:42
Last Modified: 15 Sep 2017 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27372

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum