PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS

Aristyasari, Yunita Furi (2013) PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS. Hermenia, Vol.13 (No. 2). pp. 255-269. ISSN 1412-8540

[img]
Preview
Image (PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS)
cover-hermenia.png - Cover Image

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM SYED MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS)
Yunita Furi Aristyasari.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

This work talks about Islamic education concept by Syed M. Naquib al-Attas and its relevance to globalization. Al-Attas is a leading Muslim scholar who is very good in Islamic and Malay culture. Al-Attas believed that the fundamental problem of Islamic education is people’s careless about the formulation and integrated development of education planning based on Islamic principles. He believed that the reform of Islamic education should be focused on its system and purpose. He offered “ta’dîb” as term of Islamic Education concept. This ta’dîb should be base of Islamic education in its purpose and curricula. Abstrak Tulisan ini membicarakan tentang konsep pendidikan Islam yang berasal dari salah satu cendekiawan muslim, Syed Muhammad Naquib al-Attas. Konsepnya tentang pendidikan Islam dapat dikatakan fundamental. Konsepnya didasarkan pada pemikirannya tentang Islamisasi ilmu pengetahuan. Jadi, al-Attas meyakini bahwa persoalan fundamental pendidikan Islam adalah kecerobohan orang-orang dalam memformulasikan dan mengembangkan rencana pendidikan yang didasarkan pada prinsip-prinsip Islam yang terintegrasi dan terintegrasi. Jadi, dia menganggap bahwa konsep dan pola pembaharuan pendidikan Islam terletak pada sistem dan tujuannya. Dia menawarkan “ta’dîb” sebagai istilah bagi konsep pendidikan. Pemiihan istilah ini berimplikasi pada sistem pendidikan Islam, meliputi; tujuan, bentuk, dan kurikulum. Di samping itu, artikel ini mengeksplorasi relevansi pemikirannya tentang konsep pendidikan Islam pada era globalisasi. Kesimpulan dari tulisan ini adalah pertama, al-Attas adalah salah satu cendekiawan muslim yang tergolong fundamental yang menguasai beberapa ilmu pengetahuan, terutama kebudayaan melayu. Kedua, pemikirannya tentang konsep pendidikan Islam tampak pada pemilihannya pada istilah ‘ta’dîb’, perumusan tujuan dan kurikulum. Ketiga, sebagian dari ketiga hal tersebut relevan pada era globalisasi. Keywords: concept of islamic education, ta’dîb, perfect person, and globalization

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: concept of islamic education, ta’dîb, perfect person, and globalization
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Jurnal > 13. Hermenia
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Sep 2017 08:22
Last Modified: 26 Sep 2017 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27377

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum