PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA DI PONDOK PESANTREN WALISONGO SRAGEN TAHUN AJARAN 2016/ 2017

Kurnia Wulandari, NIM. 1420411048 (2017) PENGEMBANGAN MODUL BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN KEMAHIRAN BERBICARA DI PONDOK PESANTREN WALISONGO SRAGEN TAHUN AJARAN 2016/ 2017. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
1420411048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1420411048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (682kB) | Preview

Abstract

Kurnia Wulandari, Pengembangan Modul Bahasa Arab dalam Meningkatkan Kemahiran Berbicara Di Pondk Pesantren Walisongo Sragen, tesis, Pasca Sarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017 Peran Modul bahasa Arab di Pondok Pesantren Walisongo adalah sebagai modul penunjang kemahiran berbicara dalam pembelajaran program bahasa Arab, dimana dengan dilatar belakangi oleh kondisi peserta didik yang mengunakan bahasa Arab secara monoton dalam pembelajaran program bahasa Arab atau dalam percakapan sehari-hari serta belum tersedianya modul belajar dalam menunjang program bahasa di pondok tersebut. Modul ini berlaku untuk kelas pemula dengan menyesuaikan tingkat kemampuan bahasa yang digunakan. Penelitian dan Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan kemahiran berbicara bahasa Arab, yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik serta pembiasaan dalam percakapan sehari- hari. Adapun modul bahasa Arab ini disajikan untuk peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan R&D yang digunakan sebagai langkah untuk menghasilkan sebuah produk. Adapun langkah yang digunakan adalah menganalisis kebutuhan, desain pembelajaran, pemilihan bahan, pengembangan produk, validitas ahli materi, ahli desain, uji coba lapangan, revisi produk dan produk akhir. Proses validitas dilakukan oleh dosen ahli materi , dosen ahli desain, pengampu bahasa Arab dan uji coba lapangan dilakukan pengurus dan pengampu bahasa Arab serta peserta didik kelas VIII pondok pesantren Walisongo Sragen. Melakukan metode pengumpulan data, yang digunakan dengan observasi,wancara guru bahasa Arab, angket. Sedangkan analisi data dilakukan dengan dua tahap, yaitu kuantitatif dengan skala likert 1 sampai 5 yang dianalisis frekuensinya sedangkan data kualitatif dianalisis dengan analisis deskriftif. Hasil Penelitian dan pengembangan Modul bahasa Arab tingkat pemula Modul Bahasa Arab tingkat pemula dikembangkan dengan tiga tahap yaitu penelitian dan pengumpulan nilai, perencanaan pembuatan modul, dan pengembangan modul. Adapun hasil penilaian dari beberapa aspek oleh para ahli media, ahli materi dan peserta didik menunjukkan bahwa Modul bahasa Arab tingkat pemula secara keseluruhan dinyatakan “ baik” dengan skor rata- rata 4, 095 dari skala likert 1 sampai 5 dengan memperoleh rata- rata tingkat kelayakan atau persentase 73 % dari nilai ideal. Dengan demikian , modul dinyatakan “ layak “ digunakan. Kata Kunci : Modul Bahasa Arab, Desain Kurikulum, Kemahiran Berbicara, Pondok Pesantren Walisongo Sragen

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. Radjasa Mu‟tasim M.Si.
Uncontrolled Keywords: Modul Bahasa Arab, Desain Kurikulum, Kemahiran Berbicara, Pondok Pesantren Walisongo Sragen
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Sep 2017 14:34
Last Modified: 27 Sep 2017 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum